banner 970x250

Presiden Jokowi Saksikan Pemecahan Rekor Pergelaran Angklung Terbesar di Dunia

Jakarta, BriliaNews.com – Pergelaran angklung, seni musik asal Jawa Barat yang melibatkan lebih dari 15 ribu peserta, masuk rekor dunia (Guinness World of Record) untuk pergelaran angklung terbesar di dunia.

Pergelaran yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta pada Sabtu, 5 Agustus 2023 dihadiri Presiden Joko Widodo dan Ibu Ibu Iriana Joko Widodo serta Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin.

turut hadir dan menyaksikan pemecahan rekor dunia Guinness World of Record untuk pergelaran angklung terbesar di dunia.

Peserta pagelaran terdiri atas anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), para pegawai negeri sipil dan Dharma Wanita Persatuan sejumlah kementerian/lembaga, TNI-Polri, organisasi wanita, sekolah kedinasan, pelajar, dan lain-lain.

“Atas prakarsa Ibu Negara Ibu Iriana Joko Widodo, kita semua ada di sini. Sebanyak 15.240 orang peserta siap memecahkan rekor pergelaran angklung terbesar di dunia,” ucap Ketua Panitia Pergelaran Angklung, ibu Tri Tito Karnavian dalam laporannya.

Baca Juga  Muflida Noerhaliza, Aktris di Film Kabayan Milenial Mulai Merambah Film Layar Lebar

Ia menjelaskan, pagelaran akbar untuk memecahkan rekor dunia, telah direncanakan sejak tahun lalu. Para peserta juga telah berlatih selama tiga bulan.

“Kami bertekad ini jadi persembahan hadiah ulang tahun ke-78 Republik Indonesia tahun 2023,” ungkapnya.

Dalam pagelaran ini para peserta memainkan dua lagu, yakni lagu nasional “Berkibarlah Benderaku” dan lagu perdamaian dunia “The Wind of Change”. Setiap instrumen hanya menghasilkan satu nada, sehingga setiap peserta menggoyangkan instrumennya pada isyarat tangan yang diberikan oleh konduktor di layar raksasa.

Penilai Guinness World of Record, Sonia Usirogochi mengatalan peserta pagelaran angklung tahun ini berhasil memecahkan rekor sebelumnya, dengan jumlah peserta 15.110 orang.

Baca Juga  Kunjungan Kerja di Papua, Ridwan Kamil Desain dan Resmikan Alun-alun Kabupaten Sorong

Seperti diketahui, angklung merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat, adalah kekayaan Indonesia yang sudah terdaftar dan diakui UNESCO sebagai warisan budaya nonbenda sejak tahun 2010.

Upaya pemecahan rekor tersebut diharapkan dapat membuat angklung terus bangkit, makin dicintai semua generasi, dan bergaung tidak hanya di daerah asalnya Jawa Barat dan Indonesia, tetapi di seluruh dunia.

Editor  : Afrida