banner 970x250

Roadshow Gaya Generasi Urban Pilihan Cerdas, Ini Sosialisasi dan Edukasi Ala KAI Commuter di Stasiun Bandung

Kota Bandung, BriliaNews.com – KAI Commuter menggelar roadshow ke 15 stasiun yang melayani perjalanan Commuter Line di seluruh wilayah Operasional KAI Commuter.

Kegiatan bertajuk “Roadshow Commuterline Gaya Generasi Urban #Pilihan Cerdas” tersebut, dalam rangkaian memperingati ulang tahun ke 15 Commuter line, yang diperingati setiap tanggal 15 September.

Stasiun Bandung merupakan Stasiun kesepuluh kegiatan roadshow yang digelar di halaman depan stasiun Bandung sebelah selatan, Minggu (3/9/2023).

Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto mengatakan, dalam roadshow kali ini, KAI Commuter melakukan sosialisasi layanan perjalanan Commuter Line Lokal di wilayah Bandung dan sekitarnya.

Salah satunya sosialisasi terkait kemudahan yang diberikan kepada seluruh pengguna, dalam melakukan pembelian dan pemesanan tiket Commuter Line wilayah, melalui aplikasi Access By KAI .

Selain itu, tambah Asdo Artiviyanto, KAI Commuter juga memberikan sejumlah santunan kepada yang kurang beruntung.

“Kita juga memberikan santunan kepada yatim piatu. Pada saat di Malang kita ke Sekolah Luar Biasa, kemudian di Surabaya kita ke Yayasan Kanker, di Yogya kita ke Yatim Piatu Difabel, dan di beberapa yayasan baik Yayasan Muslim dan Yayasan Kristen,” katanya kepada wartawan usai sosialisasi.

Asdo Artiviyanto menjelaskan, tema yang diambil kali ini, yaitu “Commuterline Gaya Generasi Urban Pilihan Cerdas”, untuk mendorong Generasi Urban atau penduduk perkotaan menggunakan Commuterline sebagai alat transportasi utama.

Baca Juga  KAI Gerak Cepat Investigasi Kecelakaan KA di Kabupaten Bandung

“Karena bila Commuterline ini menjadi transportasi utama, kita mendukung program pemerintah dalam mengurangi polusi dan kepadatan di jalan raya. Jadi mengurangi orang untuk menggunakan kendaraan pribadi,” jelasnya.

Sementara itu Direktur Operasi dan Pemasaran KAI Commuter Broer Rizal mengungkapkan, sejak masuk ke wilayah 2 Bandung 1 April 2022 lalu, perkembangan commuter line di wilayah ini cukup baik.

Posisi saat ini KCI sudah melayani 58 prrjalanan yang melayani koridor dari Cikarang sampai Purwakarta, Padalarang Bandung, hingga Garut.

“Kalau kita lihat perkembangan penumpang, kenaikannya signifikan dari waktu ke waktu. Penumpang yang kami layani antara 40-50 ribu per hari, atau sampai dengan posisi per hari ini ada 9,6 juta penumpang yang sudah kami layani dengan KA lokal,” ujarnya.

Menurutnya, per 1 Juni 2023 KCI menambah layanan di Stasiun Gedebage Bandung. “Jadi penumpang yang selama ini tidak bisa turun naik di Gedebage, sekarang bisa,” ucapnya.

Terkait pemesanan tiket, Broer Rizal menuturkan
pengguna bisa memesan tiket mulai tujuh hari (H -7) sebelum hari pemberangkatan, dengan memasukan data-data yang sesuai dengan identitas diri.

Sedangkan pembelian tiket Commuter Line Lokal secara langsung, hanya dapat dilayani di hari yang sama pada tanggal pemberangkatan sepanjang tiket keberangkatan masih tersedia.

Baca Juga  Angka Kecelakaan Lalulintas di Jalur Mudik Jabar pada Lebaran 2023 Turun 45,58 Persen

“Sebelum melakukan perjalanan, pengguna diwajibkan melakukan proses boarding di stasiun keberangkatan untuk dilakukan pemeriksaaan dan validasi tiket keberangkatan,” imbuhnya.

Pada roadshow ini KAI Commuter juga mengkampanyekan Green Commuter , yang merupakan program penghijauan area stasiun sekaligus menjaga bumi.

Manager Manager External Relations & Corporate Image Care, Leza Arlan mengatakan secara simbolis KAI Commuter menyerahkan bibit pohon kepada perwakilan dari stasiun untuk ditanam di sekitar stasiun. Pada kesempatan ini bibit pohon ditanam di Stasiun Padalarang.

Untuk memberikan apresiasi dan hiburan kepada pengguna yang ada di Stasiun, KAI Commuter juga menampilkan millennials insan KAI Commuter, yang tergabung dalam C-Dance dan C-Choir.

“Rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi yang seluas-luasnya tentang aturan dan tata cara dalam penggunaan Commuter Line serta meningkatkan minat masyarakat untuk naik transportasi publik,” ucapnya.

Pewarta : Adi
Editor       : Afrida