banner 970x250

Serahkan Kujang Pusaka Kepada Pj Gubernur, Ridwan Kamil Titip Masyarakat Jabar

Kota Bandung, BriliaNews.com – Gubernur Jawa Barat Periode 2018-2023 Ridwan Kamil menyerahkan Kujang Pusaka sebagai simbol pengalihan kewenangan dan kekuasaan kepada Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmuddin.

“Tepat di pukul 17.20, di tanggal 5 September 2023, saya Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat 2018-2023 menyerahkan Kujang Pusaka, sebagai simbol pengalihan kewenangan dan kekuasaan kepada Penjabat Gubernur Jabar sesuai dengan masa tugasnya,” ujar Ridwan Kamil di Lapang Gasibu, Kota Bandung, Selasa (5/9/2023).

Ia berharap agar di bawah kepemimpinan Pj. Gubernur Bey Machmudin, Jabar tetap juara lahir dan batin.

“Mudah-mudahan Jabar Juara Lahir Batin, sebuah semangat yang bisa tetap menyala di tanah Pasundan yang kami cintai ini. Titip kepada pak Bey, rakyat Jabar adalah rakyat yang setia kepada Pemerintahan RI dan kepada Pemerintahan Provinsi Jabar,” ujarnya.

“Saya doakan Pak Bey dan Ibu, lancar tugasnya, mendapat kemudahan dari Allah SWT, dan teruslah membawa Jabar Juara Lahir Batin,” tambah Ridwan Kamil.

Asesor SDM Aparatur Ahli Utama Setiawan Wangsaatmadja melaporkan, pelantikan Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin telah dilakukan tadi pagi di hari yang sama.

Baca Juga  Dinkes Kota Bandung Imbau Jemaah Calon Haji Lengkapi Vaksin

“Pelantikan telah dilakukan tadi pagi, untuk Penjabat Gubernur Jawa Barat pada pukul 9.30-10.30, dan semuanya lancar dan dimudahkan,” ujar Setiawan.

Ia menambahkan, pelantikan dilakukan secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, di Jakarta. Sedangkan di Kota Bandung dilakukan serah terima jabatan dan pisah sambut.

“Hari ini kita melakukan sertijab dan pisah sambut, yang didahului oleh penandatanganan berita acara Sertijab oleh Gubernur periode 2018-2023 dan Penjabat Gubernur saat ini,” ujarnya.

Sementara itu, Pj. Gubernur Bey Machmudin mengungkapkan, pemgangkatan dirinya sebagai Pj. Gubernur merupakan sebuah kebanggaan.

“Sebuah kebanggan bagi saya, bisa berdiri di sini. 40 tahun yang lalu saya hanya bisa melihat Gedung Sate dari depan,” tuturnya.

Ia mengapresiasi kinerja dan prestasi Ridwan Kamil beserta jajaran, dan saya akan semakin menyempurnakan hasil kerja Gubernur periode 2018-2023 tersebut.

“Tentunya apa yang bapak jalankan sudah sangat baik. Dengan prestasi 555 penghargaan. Bahkan tadi pagi mendapat penghargaan lagi,” tuturnya.

“Tentunya yang sudah baik, kami dan jajaran tentunya akan melanjutkan. Yang masih sedikit kurang, kami perbaiki dan sempurnakan,” tambah Bey.

Baca Juga  Bey Machmudin Hadiri Peringatan HUT Bhayangkara Ke-78 Tingkat Polda Jabar

Bey mengatakan, ia belum bisa mengungkapkan program kerjanya. Hal tersebut akan ia ungkapkan besok pada saat Rapim.

Walau begitu, satu hal yang ia pastikan ialah dirinya bersama jajaran pemerintah, harus menjaga dan menjamin Pemilu 2024, baik Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Legislatif, maupun Pilkada Serentak berjalan aman, lancar, dan baik.

“Dan juga kami pastikan bahwa para ASN, kepolisian, dan juga TNI akan netral pada Pemilu tersebut,” tegasnya.

Perlu diketahui, Pj. Gubernur dilantik untuk mengisi kekosongan jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur selama 17 bulan. Setelah itu, kepemimpinan Pemprov. Jabar akan di serahkan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur yang terpilih melalui Pemilu 2024.

Pewarta : Adi
Editor : Afrida