banner 970x250

Srikandi BUMN Ajak Perempuan Indonesia Lakukan Deteksi Dini Kanker Serviks

Kota Bandung, BriliaNews.com – Komunitas perempuan Srikandi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), mengajak para perempuan di Indonesia untuk semakin peduli dengan kesehatan, termasuk bahayanya penyakit kanker serviks dengan melakukan deteksi dini.

“Kami (Srikandi BUMN) mengajak masyarakat untuk lebih sadar akan pentingnya melakukan deteksi dini kanker serviks,” kata Ketua Srikandi BUMN Tina T Kemala Intan dalam kegiatan Road to Zero HPV Stronger Together with Srikandi BUMN di Gedung Biofarma, Bandung, Jumat (15/9/2023).

Tina mengatakan, kegiatan dalam bentuk sosialisasj tersebut, guna mendukung produk Bio Farma, induk usaha (holding) BUMN Farmasi terkait program deteksi dini kanker serviks melalui pemeriksaan CerviScan dari urine.

Dengan berbasis PCR, CerviScan dapat mendektesi human papillomavirus (HPV) yakni virus penyebab kanker serviks.

“Srikandi BUMN memperkenalkan produk Bio Farma tersebut kepada perempuan di Indonesia, untuk mengurangi peningkatan kasus kanker serviks,” kata dia.

Baca Juga  Perusahaan di Jabar Diimbau Terapkan Sistem K3 Secara Ketat

Dia menjelaskan, penggunaan CerviScan jauh lebih mudah dibanding cara pendeteksi kanker serviks sebelumnya serta bisa menekan angka kesakitan dan kematian akibat kanker serviks.

“Karena cara ini jauh lebih simple, jauh lebih bagus dibanding cara mendeteksi kanker serviks sebelumya,” katanya.

Pada kesempatan itu, Direktur Keuangan dan Manajeman Resiko Perum LKBN ANTARA Nina Kurnia Dewi mengaku bangga terhadap produk Biofarma yang diciptakan langsung oleh anak bangsa termasuk didalamnya ada perempuan Indonesia.

“Yang membuat kami bangga adalah produk vaksin maupun test pack dari Biofarma ini, adalah karya anak bangsa dan tentu di dalamnya ada para pegawai perempuan yang membuat vaksin ini,” kata Nina.

Dengan begitu, kata Nina, tugas Srikandi BUMN untuk bisa menyosialisasikan kepada masyarakat, tentang pentingnya bahaya kanker serviks sehingga perlu dilakukan deteksi dini.

Baca Juga  Dana Kompensasi Ternak Mati Akibat PMK, Hanya Untuk Peternak Kecil

“Sehingga ini tentunya harus dikomunikasikan satu pengetahuan tentang kanker serviks itu sendiri oleh para pegawai perempuan di BUMN ini, kepada keluarganya, saudaranya dan lingkungannya itu yang paling penting,” kata dia.

Selain menyosialiasikan produk ServiScan dan vaksin HPV Biofarma, kegiatan road to zero HPV stronger together with Srikandi BUMN juga menghadirkan program edukasi kepada perempuan tentang bahaya kanker serviks, dengan menghadirkan para ahli diantaranya dr. Grace Hananta, dr.Sri Harsi Teteki dan dr. Boy Abidin sebagai pembicara.

Pewarta : Adi
Editor       :  Afrida