banner 970x250

KA Feeder KCJB Whoosh Relasi Bandung – Padalarang PP Resmi Beroperasi

Kota Bandung, BriliaNews.com – Kereta Api Pengumpan (KA Feeder) Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Whoosh relasi Bandung – Padalarang dan sebaliknya, sebagai pendukung konektivitas integrasi KCJB Whoosh mulai beroperasi pada 3 Oktober 2023.

Pada hari pertama beroperasi, KA Feeder KCJB Whoosh telah mengangkut 492 pelanggan, dengan rincian 259 pelanggan keberangkatan Stasiun Bandung, dan 233 pelanggan keberangkatan Stasiun Padalarang.

Adapun jumlah perjalanan yang disiapkan pada tahap awal ini sebanyak 8 perjalanan setiap harinya. Jumlah perjalanan ini, menyesuaikan dengan jadwal perjalanan KCJB Whoosh.

Executive Vice President PT KAI Daop 2 Bandung, Takdir Santoso mengatakan, KA Feeder yang disiapkan untuk melayani penumpang KCJB Whoosh sebanyak lima rangkaian KRDE yang setiap rangkaiannya terdiri dari empat kereta.

Baca Juga  Masa Angkutan Nataru 2022, Daop Bandung Jalankan 81 Perjalanan Tiap Hari

“Dalam satu rangkaian, KA Feeder KCJB berkapasitas 200 tempat duduk. Pada setiap rangkaian terdapat fasilitas bagi para pelanggan seperti toilet, rak bagasi dan stop kontak,” ujar Takdir Santoso, Rabu (4/10/2023).

Ia menambahkan waktu tempuh KA Feeder dari Padalarang ke Stasiun Bandung dan sebaliknya, hanya 19 menit dan berhenti di Stasiun Cimahi selama 2 menit. “Jadi KA Feeder ini melayani naik turun pelanggan di Stasiun Bandung, Cimahi dan Padalarang,” sambungnya.

Takdir mengatakan sarana dan prasarana termasuk fasilitas untuk pelayanan penumpang, telah siap 100 persen.

Sarana KA Feeder, lanjut Takdir, telah melalui serangkaian ujicoba sebelum beroperasi dengan berbagai skenario, guna memastikan waktu tempuh lintas Bandung – Padalarang, pengenalan lintas, ruang bebas, gradien tanjakan, dan pengereman. Semua ujicoba berjalan dengan lancar.

Baca Juga  Libur Nataru 2023/2024, Lebih Dari 10.000 Tiket KA Jarak Jauh Telah Terjual Per 11 November

Ujicoba dilakukan untuk menyempurnakan operasional KA Feeder, sehingga dapat melayani pelanggan sesuai jadwal.

“Diharapkan dengan adanya KA Feeder ini, dapat mempermudah konektivitas masyarakat menuju Stasiun KCJB Padalarang, melalui sistem transportasi yang bebas kemacetan dan tepat waktu,” pungkas Takdir.

Pewarta : Adi
Editor       : Afrida