banner 970x250

Puncak Bulan Inklusi Keuangan 2023 Tingkat Jawa Barat Dipusatkan di Pangandaran Akhir Oktober 2023

Kota Bandung, BriliaNews.com – Puncak Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2023 tingkat Jawa Barat, akan dipusatkan di Alun-alun Paamprokan, Kab. Pangandaran selama 2 hari pada Jum’at – Sabtu (27-28 Oktober 2023).

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 2 Jawa Barat Indarto Budiwitono menjelaskan, kegiatan ini digelar atas kolaborasi OJK Jabar dengan Kantor OJK Tasikmalaya, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Pangandaran, dan Industri Jasa Keuangan di wilayah Jawa Barat.

“Kegiatan ini juga dalam upaya mendorong pencapaian target inklusi keuangan sebesar 90 persen pada tahun 2024, sesuai dengan arahan Presiden RI,” tutur Indarto, Selasa (24/10/2023).

Indarto menjelaskan, Kabupaten Pangandaran dipilih sebagai tempat puncak kegiatan BIK, agar kegiatan literasi maupun inklusi keuangan dapat dilaksanakan secara merata dan menyasar masyarakat di luar kota besar seperti di pedesaan, pesisir maupun daerah tertinggal, terluar, dan terdalam (3T).

Baca Juga  Dishub Bandung Siapkan Sejumlah Kantong Parkir Saat Asia Africa Festival

“Hal ini sejalan dengan tema BIK 2023 yaitu “Akses Keuangan Merata, Masyarakat Sejahtera, ” ujarnya.

Menurut Indarto, Puncak kegiatan BIK Jawa Barat tahun 2023 diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain expo produk dan layanan LJK serta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), talkshow Wakaf Produktif dan Produk Keuangan Syariah, perlombaan (mewarnai, menghias layangan, tari tradisional islami, e-sport dan instagram reels competition, dengan tema edukasi keuangan), kabaret Edukasi Keuangan dan malam Apresiasi kepada Penggerak Inklusi Keuangan.

Indarto menambahkan, untuk menyemarakkan BIK 2023, OJK Jawa Barat telah melaksanakan kegiatan edukasi antara lain kepada pelajar tingkat SMA, SMK dan MA yaitu SMA Negeri 24 Bandung, SMK Negeri 3 Bandung, dan Madrasah Aliyah Al-Istiqomah Cijerah Bandung.

Baca Juga  UPI Resmi Membuka Prodi Ilmu Hukum

“Edukasi ini diberikan kepada siswa-siswi yang baru memiliki KTP agar dapat bijak menggunakan identitas pribadi khususnya terkait penawaran produk/layanan lembaga jasa keuangan. Kegiatan tersebut akan terus dilaksanakan ke sekolah-sekolah lainnya di wilayah Jawa Barat,” tutup Indarto.

Pewarta : Adi
Editor       : Afrida