banner 970x250

Volume Penumpang KA Jarak Jauh dari Daop 2 Bandung pada Nataru 2023/2024 Diprediksi Meningkat 12%

Kota Bandung, BriliaNews.com – Masa Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2023/2024) akan dimulai kurang dari sebulan lagi. Periode pemesanan dan penjualan tiket KA untuk keberangkatan 21 Desember 2023 s/d 7 Januari 2024 pun, telah dibuka sejak 6 November 2023 lalu.

Berdasarkan pantauan, sebanyak 39.014 tiket KA keberangkatan dari sejumlah stasiun di wilayah Daop 2 Bandung, telah terjual.

“Sementara ini pemesanan tiket paling banyak untuk keberangkatan tanggal 22, 23, dan 25 Desember. Tiket untuk keberangkatan di tiga hari tersebut, sudah terjual 40% dari rata-rata tiket yang disediakan setiap harinya. Sedangkan tujuan favorit para pelanggan, masih didominasi kota-kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah, seperti Surabaya, Malang, Kediri, Solo, Semarang, serta Yogyakarta,” kata Manager Humas Daop 2 Bandung Mahendro Trang Bawono, Selasa (28/11/2023).

Menurut Mahendro, Daop 2 Bandung menyiapkan 414 perjalanan KA Jarak Jauh Reguler dengan 218.376 tempat duduk selama 18 hari pelaksanaan masa Angkutan Nataru kali ini.

Baca Juga  Angkutan Lebaran 2023, Ada Potensi Pergerakan 5 Juta Kendaraan di Jabar, 3 Jalan Tol Baru Dioperasikan

Jumlah perjalanan dan tempat duduk yang disediakan pun masih bisa bertambah, dengan rencana akan dioperasikannya beberapa KA Tambahan.

“Pengoperasian KA Tambahan ini tentu akan dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya ketersediaan sarana seperti lokomotif dan kereta serta animo masyarakat yang melakukan pemesanan atau pembelian tiket,” ujarnya.

Mahendro menjelaskan pada masa Angkutan Nataru tahun lalu, jumlah tiket yang terjual sebanyak 178.385 tiket, sedangkan tahun ini diprediksi mencapai 200 ribu pelanggan atau meningkat 12%.

Hal itu didasarkan pada animo masyarakat dalam bertransportasi menggunakan KA yang terus meningkat, disamping sudah longgarnya aturan dari pemerintah.

Seiring dengan prediksi tersebut, jumlah tiket yang disediakan pada masa Angkutan Nataru tahun ini pun bertambah 3% jika dibanding tahun lalu, yang hanya sebanyak 212.324 tiket.

Mahendro mengingatkan para calon penumpang yang akan memesan tiket KA pada periode keberangkatan masa Nataru, agar teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan.

Baca Juga  Ribuan Pengunjung Padati Asia Africa Corner

“Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi waktu perjalanan menuju ke stasiun,” imbuhnya.

Ia menambahkan, sebelum membeli tiket para calon pelanggan agar memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Tentukan jadwal perjalanan dengan baik
  • Gunakan channel penjualan resmi
  • Teliti dalam mengisi tanggal, rute, atau data diri
  • Siapkan rute dan tanggal alternatif
  • Cek ketersediaan tiket secara berkala
  • Tidak share kode pemesanan tiket KA sembarangan

“Dengan berbagai tips ini, kami berharap para calon penumpang dapat menikmati liburan Natal dan Tahun Baru dengan menggunakan angkutan KA,” tutup Mahendro.

Pewarta : Adi
Editor       : Afrida