banner 970x250

Desa Batik Paledang Garut Dipercantik Dengan Gapura dan Replika Canting

Kab. Garut, BriliaNews.com – Kampung Paledang di Desa Kota Kulon Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut, kini tampil baru dengan Gerbang Kampung Batik.

Gapura tersebut diresmikan oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Garut, Diah Kurniasari, ditandai dengan replika canting raksasa di samping kiri gapura,
Jum’at (19/1/2024),

Menurut Diah Kurniasari pembangunan gapura ini untuk memperkenalkan dan mengemas Desa Paledang sebagai desa batik.

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan regenerasi para perajin batik, khususnya generasi muda.

“Pemerintah daerah juga telah memberikan berbagai bentuk dukungan, antara lain dengan mendirikan koperasi, memberikan pelatihan, dan sertifikasi profesi bagi para pembatik,” ujarnya.

Baca Juga  Jabar Salurkan Rp2 Miliar untuk Korban Bencana Letusan Gunung Semeru

Diah menambahkan, motif Batik Garutan sejak zaman dahulu terkenal dengan warna-warna alam, serta tidak memiliki warna yang mencolok.

Kampung Batik ini, dikatakannya menjadi sarana edukasi bagi anak-anak sekolah dengan belajar mengenai batik khususnya batik Garutan.

“Udah ada beberapa anak sekolah yang kegiatan ekskul (ekstra kurikuler) nya belajar batik. Mereka langsung kesini, jadi tinggal dijadwal,” ucapnya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag) ESDM Garut, Ridwan Effendi, menyatakan, dengan adanya gapura sebagai branding desa batik, Paledang diharapkan menjadi destinasi wisata kerajinan baru di Kabupaten Garut.

Baca Juga  Jalur Kereta Api Garut - Cibatu Kembali Beroperasi

Dengan kerja sama lintas sektoral, Ridwan berharap Kampung Batik Paledang dikenal tidak hanya di skala lokal, tetapi juga regional, nasional, bahkan internasional.

“Harapannya ini bisa menjadi paket kunjungan wisata di Kabupaten Garut berbasis kerajinan,” imbuhnya.

Editor  : Ida