banner 970x250

Tim Transplantasi Ginjal RSUP Dr Hasan Sadikin Sukses Transplantasi Ginjal

Kota Bandung, BriliaNews.com – Tim Transplantasi Ginjal RSUP Dr. Hasan Sadikin sukses melakukan transplantasi ginjal pada resipien Trihariyadi Hari Mukadi, dengan donor dari istrinya Ratih Setyawati.

Transplantasi ginjal tersebut dipersiapkan sejak 4 bulan lalu dan operasinya dilaksanakan pada 8 Januari 2024 dengan pembiayaan dari BPJS Kesehatan.

Tindakan ini dilaksanakan oleh Tim Transplantasi Ginjal RSHS dengan pengampuan dari RSCM sebagai bagian dari program unggulan uronefrologi dari kementrian kesehatan.

Dokkter penanggungjawab pasien, dr. Afiatin mengatakan, operasi pada pasangan resipien dan donor ini berjalan lancar dan ginjal transplant langsung berfungsi dalam hitungan detik.

“Alhamdulillah kondisi donor dan resipien paska operasi dalam kondisi stabil dan baik. Donor bisa rawat jalan pada hari keempat paska operasi dan resipien dipulangkan hari ini hari ke 8 paska operasi. Kondisinya baik dan ginjal berfungsi normal, sehingga tidak memerlukan hemodialisis lagi. Tentunya resipien masih harus melanjutkan pengobatan nya dengan melakukan kunjungan rutin ke poli transplantasi ginjal di RSHS demi menjaga fungsi ginjal transplant yang tidak ternilai harganya ini,” ujarnya.

Baca Juga  Angka Persebaran Covid-19 Terus Meningkat, Pemerintah Harus Evaluasi PPKM Darurat

Sementara itu Manajer Pelayanan Medik RSHS, Dr. dr, Fiva Aprilia Kadi mewakili Direktur Utama berharap, keberhasilan operasi ini membuka keberhasilan-keberhasilan berikutnya dalam operasi transplantasi ginjal, karena akan sangat dibutuhkan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Trihariyadi menyampaikan rasa terima kasih atas pelayanan dan perhatian yang telah diberikan oleh RSHS, sehingga operasi berjalan dengan lancar sesuai harapan bersama.

“Apresiasi yang tak terhingga atas pelayanan yang luar biasa baik. Saya merekomendasikan untuk masyarakat yang menderita sakit ginjal seperti saya, untuk melakukan upaya permanent solution yakni operasi transplantasi ginjal di RSHS, seperti yang saya rasakan. Saat ini saya merasa seperti hidup baru yang inshaAllah akan saya manfaatkan seumur hidup saya,” ucapnya.

Baca Juga  Percepat Vaksinasi COVID-19 Bagi Lansia, Pemprov Jabar Jemput Bola

Untuk diketahui, RSHS sudah melayani semua jenis terapi pengganti ginjal. Transplantasi Ginjal pun terakhir dilaksanakan pada tahun 2015. Setelah itu karena ada beberapa perubahan regulasi dan kendala, maka RSHS baru dapat menyelenggarakan kembali pelayanan transplantasi ginjal tahun 2024.

 Editor  : Ida