banner 970x250

Asteroid Sebesar Gedung Pencakar Langit Melintasi Bumi, Masyarakat Tidak Perlu Takut

Foto diambil dari Virtual Telescope Project

Cape Canaveral, Florida, USA, BriliaNews.com – Asteroid sebesar gedung pencakar langit melintasi Bumi Jum’at (2/2/2024) lalu waktu setempat.

Namun masyarakat tidak perlu khawatir asteroid tersebut menabrak Bumi, karena terbentang 1,7 juta mile atau sekitar 27,3 juta km, setara tujuh kali jarak Bumi ke Bulan, jarak dari jalur asteroid tersebut melintas dengan Bumi.

Dikutip dari Assosoated Press, Pusat Studi Benda di Dekat Bumi di NASA memperkirakan, benda langit itu memiliki diameter antara 690-1.575 kaki (setara 210-480 meter).

Ini artinya, asteroid tersebut memiliki ukuran yang hampir setara dengan Empire State Building di New York atau Willis Tower di Chicago.

Baca Juga  Jabar Sepakat Percepat Pemerintahan Berbasis Elektronik

Asteroid dengan nama 2008 OS7, ditemukan tahun 2008. Asteroid ini akan kembali melintasi Bumi di tahun 2032, namun dengan jarak yang lebih jauh, yaitu 45 juta mile atau 72 juta km dari Bumi.

Perlintasan objek langit yang tidak berbahaya ini, merupakan salah satu dari perlintasan benda langit lainnya yang terjadi pada minggu ini.

Tiga asteroid yang jauh lebih kecil juga telah melintasi Bumi Jum’at lalu, dengan diameter tidak lebih dari 10 meter, dan dua lagi melintas di hari Sabtu.

Baca Juga  Ditengah Ancaman Krisis Global, Pasar Modal Indonesia Masih Terus Tumbuh

Lain lagi di hari Minggu, asteroid dengan diameter kurang lebih setengah dari 2008 0S7, melintas dengan jarak 4,5 juta mile atau 7,3 juta km dari Bumi.

Editor  : Adi