banner 970x250

Genjot Program PTSL, BPN dan Pemkot Bandung Lantik Satgas dan Panitia Ajudikasi

Kota Bandung, BriliaNews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bandung, terus berupaya menggenjot program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Untuk itu, Kantor ATR/BPN Kota Bandung melantik 42 Panitia mulai dari Panitia Ajudikasi, Satgas Fisik PTSL, Satgas Yuridis PTSL dan Satgas Administrasi PTSL, di Kantor Kecamatan Coblong, Senin (5/2/2024).

Pada tahun 2024 ini terdapat 3 kecamatan yang menjadi target PTSL di antaranya Kecamatan Coblong, Kecamatan Bandung Wetan dan Kecamatan Sumur Bandung.

“Hari ini Kantor ATR/BPN Kota Bandung melantik Satgas PTSL juga tim ajudikasi. Tugasnya, memastikan bahwa semua bidang tanah ada kepastian hukum agraria,” tutur Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono.

Bambang mengatakan, kolaborasi antara Pemkot Bandung dan Kantor ATR/BPN, mampu menggenjot bidang tanah yang tahun 2024 sudah menjadi target untuk diselesaikan.

Baca Juga  41 Rumah Sakit di Kota Bandung Siap Tangani Kasus DBD

“Kita sepakat ATR/BPN dan Pemkot Bandung memberikan pelayanan jauh lebih baik sehingga meningkatkan kualitas data,” ungkapnya.

Ia mengatakan, saat ini pemerintah terus mendata aset baik aset pemerintah maupun aset masyarakat.

“Kita terus identifikasi bidang tanah atau persil di Kota Bandung, apakah aset pemerintah atau punya masyarakat. Ini tugas besar, perlu kerjasama antara Pemkot Bandung, ATR/BPN dan masyarakat,” ujar Bambang.

Ia berharap, dengan terbentuknya Satgas PTSL, diharapkan tahun 2024 ini kota Bandung masuk dalam kota Lengkap.

“Tim Ajudikasi dan Satgas dibentuk, dalam upaya mencapai target Kota Lengkap, selain adanya Bandung Smart Map sebagai inovasi pemanfaatan geospasial,” tuturnya.

Menurut Kepala Kantor Badan Pertanahan Kota Bandung, Nugraha, pada tahun 2024 terdapat 500 bidang tanah yang akan dilaksanakan PTSL, terletak di 3 kecamatan.

“Dalam anggaran ada 500 bidang di 3 kecamatan, yakni Bandung Wetan, Sumur Bandung dan Coblong,” ujarnya.

Baca Juga  Tekan Angka Pengangguran, Kewirausahaan pada Generasi Muda Perlu Dikenalkan Sejak Dini

Ia menambahkan tahun lalu dari target 1.000 bidang, sudah terealisasi 700 bidang aset Pemkot Bandung.

“Tahun kemarin target 1.000 bidang sudah tercapai. Dari 1.000 itu, sekitar 700 aset Pemkot Bandung. Tahun ini kita kebagian APBD untuk 500 bidang, itu harus terakomodir untuk kepentingan masyarakat. Diperkirakan 250 aset masyarakat dan 250 aset Pemkot Bandung,” pungkasnya.

Editor : Sri