banner 970x250

Pemkot Bandung Luncurkan GPM On The Road Untuk Jangkau Daerah Rawan Pangan

Kota Bandung, BriliaNews.com – Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono meluncurkan program Gerakan Pangan Murah On The Road (GPM On The Road), untuk menjangkau daerah-daerah yang jauh dari sarana prasarana pangan seperti pasar dan supermarket.

“Hari ini kita luncurkan gerakan pangan murah di Kota Bandung secara ‘on the road’ untuk menjangkau daerah-daerah yang sulit jauh dari pasar tradisional maupun pasar-pasar yang ada di kota Bandung,” kata Bambang saat peluncuran GPM On The Road di Balai Kota Bandung, Selasa (6/2/2024).

Bambang menyebut, kehadiran GPM On The Road ini juga sebagai upaya untuk menjangkau daerah-daerah yang berpotensi rawan pangan.

“Kawasan rawan pangan ada di beberapa lokasi antara lain di daerah Bandung kulon dan Babakan Ciparay, ” ujarnya.

Baca Juga  Pedagang Pasar di Cirebon Terima BLT dan Bantuan Modal Usaha dari Presiden

Ia menyebut, GPM On The Road akan dilaksanakan di 32 titik di seluruh kecamatan se Kota Bandung, menyediakan lebih dari sembilan komoditas pangan mulai dari beras, gula, minyak, bawang, cabai dan lainnya.

Ini sebagai upaya Pemkot dalam menstabilkan harga sejumlah bahan pangan dan pengendalian inflasi.

“Ada 9 jenis komoditas kita rilis semua. Ini adalah salah satu upaya kita memastikan 9 bahan pokok dalam kondisi stabil. Selain GPM kita lakukan juga on the road ini yang pertama kali,” ujar dia.

“Secara akumulatif setahun ada 32 titik. Tentunya kita lakukan evaluasi secara periode selama mingguan. Harga bahan pokok di 8 pasar kita jadikan sampling,” imbuhnya.

Selain menyediakan pangan murah, GPM On The Road juga menyediakan pemeriksaan rabies dan bahan pangan di mobil lab food security secara gratis bagi masyarakat.

Baca Juga  PPDB 2023 Dibuka, Ridwan Kamil Tegaskan Praktik Pungli akan Ditindak Tegas

Sementara DKPP membagikan bibit tanaman, bibit ayam dan ikan nila siap konsumsi gratis. DKPP membagikan 250 bibit tanaman, 500 bibit ayam dan 250 Ikan nila siap konsumsi.

Editor : Sri