banner 970x250

Penghargaan GI BEI Tahun 2024 : Tingkatkan Literasi Pasar Modal Para Generasi Muda

Jakarta, BriliaNews.com – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali menggelar Penghargaan Galeri Investasi (GI) BEI, sebagai bagian dari komitmen meningkatkan literasi para generasi muda akan keuangan, khususnya pasar modal Indonesia.

Mengusung tema “Karena Urusan Masa Depan, Harus Terdepan”, penghargaan diberikan kepada GI BEI yang nominasinya dipilih dari 43 GI BEI di seluruh Indonesia.

Penyerahan Penghargaan GI BEI Tahun 2024 diselenggarakan secara langsung di Main Hall BEI dan dapat disaksikan pula melalui kanal YouTube Indonesia Stock Exchange pada Rabu (6/3/2024).

Direktur Teknologi Informasi dan Manajemen Risiko BEI, Sunandar melaporkan, ada 8 Kategori Penghargaan GI BEI Tahun 2024 yang penilaiannya dilakukan berdasarkan aktivitas GI BEI selama 1 tahun, dari 1 Januari hingga 31 Desember 2023.

Seperti penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, terdapat 3 Kategori Utama dalam Penghargaan GI BEI 2024.

Kategori Utama pertama yakni GI BEI Teraktif dengan Kategori Aktivitas Edukasi dan Pemerataan Informasi, dimenangkan oleh GI BEI UIN Raden Fatah Palembang yang berhasil menyelenggarakan 806 kegiatan, GI BEI Politeknik Negeri Sriwijaya dengan 610 kegiatan, dan GI BEI Universitas Negeri Padang dengan 484 kegiatan.

Kategori Utama kedua adalah GI BEI Teraktif dengan Kategori Penambahan Jumlah Rekening Efek, dimenangkan oleh GI BEI Politeknik Negeri Ujung Pandang yang mencapai penambahan investor baru dalam setahun sebanyak 764 single investor identification (SID), GI BEI Universitas Sam Ratulangi dengan 763 SID, dan GI BEI Universitas Nasional dengan 613 SID.

Baca Juga  PT KAI Daop 2 Bandung Siapkan 250 Ribu Tiket untuk Angkutan Lebaran 2023

Kemudian Kategori Utama ketiga, yaitu GI BEI Teraktif dengan Kategori Nilai Transaksi, dimenangkan oleh GI BEI Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trisakti (Rp3,02 triliun), GI BEI Politeknik Bisnis dan Pasar Modal (Rp2,14 triliun), serta GI BEI Universitas Dian Nusantara (Rp80,46 miliar).

Selain 3 Kategori Utama, pada Penghargaan GI BEI tahun 2024 terdapat 2 penambahan kategori baru. Kategori baru pertama adalah GI Edukasi BEI Teraktif dimenangkan oleh SMA Negeri 2 Palangka Raya, SMA Negeri 3 Palangka Raya, SMK Karsa Mulya Palangka Raya, SMA Negeri 5 Palu, SMA Katolik Xaverius Padang, SMA Trinitas Bandung, SMA Global Islamic Boarding School Banjarmasin, SMA Negeri 3 Selong, SMA Negeri 4 Pangkalpinang, serta SMA Negeri 1 Pangkalan Bun.

Kategori baru kedua adalah GI BEI Syariah Teraktif, dimenangkan oleh GI BEI UIN Sultan Hasanuddin Banten.

Sedangkan GI BEI Teraktif kategori Non Perguruan Tinggi, dimenangkan oleh GI BEI HIPMI Malang, GI BEI Mal Pelayanan Publik Kota Surakarta, dan GI BEI Elizabeth International Hotel & Business School.

Baca Juga  Bandung Investment Summit, Pemkot Bandung Tawarkan 12 Proyek Investasi Senilai Rp6 triliun

Kategori Anggota Bursa Mitra GI BEI Teraktif yang melihat keaktifan mitra GI BEI pada Kantor Perwakilan BEI di seluruh Indonesia, diraih oleh PT Phintraco Sekuritas, PT MNC Sekuritas, dan PT Phillip Sekuritas Indonesia.

Pada acara ini, BEI juga mengumumkan 20 pemenang Kompetisi Duta Pasar Modal (DPM) BEI 2023 -Triwulan 1 2024.

“Dengan terselenggaranya acara Penghargaan GI BEI Tahun 2024 ini, kami berharap dapat memberikan semangat kepada Pengurus GI BEI, untuk terus memberikan edukasi dan pemahaman tentang pasar modal kepada generasi muda Indonesia, sejalan dengan kampanye #AkuInvestorSaham yang memiliki pesan kebanggaan, inklusivitas, dan kemajuan bagi para investor dan calon investor saham karena urusan masa depan, harus terdepan,” pungkasnya.

(Adi)