banner 970x250

UPI Raih Peringkat 1 dengan peminat Jalur SNBP Terbanyak Se Indonesia

Kota Bandung, BriliaNews.com – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) meraih peringkat 1 (Satu) dari 20 PTN Akademik dengan peminat terbanyak secara nasional di Indonesia, yang dilamar oleh 36.033 siswa pada jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP).

Selain itu, UPI juga meraih peringkat 5 (lima) terbanyak secara nasional di Indonesia dari 20 PTN Akademik dengan menerima sebanyak 3.363 mahasiswa, pada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dari total peserta yang dinyatakan lulus SNBP 2024 pada 145 PTN.

Tidak hanya itu, UPI juga meraih peringkat 8 (delapan) tertinggi secara nasional di Indonesia dari 20 (dua puluh) PTN Akademik untuk peserta Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) sebanyak 1.009 peserta.

Baca Juga  PT SEI Gandeng Fakultas Teknologi Industri ITB Tingkatkan Kompetensi dan Talenta SDM

Kepala Divisi Rekrutmen Mahasiswa Baru Direktorat Pendidikan UPI Prof. Dr. rer. nat. Ahmad Mudzakir menjelaskan, KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah melalaui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) bagi lulusan SMA/sederajat yang memiliki potensi akademik tinggi namun memiliki keterbatasan.

Ahmad mengungkapkan, 3 (tiga) Program Studi (Prodi) UPI memiliki tingkat keketatan tertingggi secara nasional di Indonesia.

“Ketiga prodi tersebut yakni Prodi Manajemen meraih peringkat 1 (Satu) dengan tingkat keketatan 1,12 %, Prodi Kedokteran meraih peringkat 6 (enam) dengan tingkat keketatan 1,45 % dan Prodi Pendidikan Ilmu Komunikasi meraih peringkat 7 dengan tingkat keketatan 1,45%,” tuturnya.

Baca Juga  Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum : Pandemi Covid-19 Turut Mempengaruhi Remaja Kecanduan Game dan Internet

Pewarta : Adi
Editor : Afrida