banner 970x250

Angkutan Lebaran 2024, KAI Commuter Operasikan 58 Perjalanan Commuter Line di Wilayah 2 Bandung

Kota Bandung, BriliaNews.com – Animo masyarakat menggunakan kereta komuter, terus meningkat. Pada masa angkutan lebaran tahun 2024 ini, volume pengguna Commuter Line di Wilayah 2 Bandung, diprediksi mencapai 1,1 juta orang naik 3 % dibanding lebaran tahun 2023 yang tercatat 1 juta orang lebih.

“Puncak volume pengguna Commuter Line Wilayah 2 Bandung, diperkirakan pada Jumat, 12 April 2024 atau H +1 Lebaran yaitu mencapai 65.294 orang,” kata Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Rabu (3/4/2024).

Menurut Anne Purba, pada masa Angkutan Lebaran 2024 ini, KAI Commuter mengoperasikan 58 perjalanan Commuter Line setiap harinya di Wilayah Bandung dan sekitarnya.

“Setiap harinya Commuter Line mengoperasikan 58 perjalanan di wilayah Bandung dan sekitarnya, yakni 40 perjalanan Commuter Line Bandung Raya relasi Padalarang – Cicalengka PP, 6 perjalanan Commuter Line Garut relasi Garut/Cibatu – Purwakarta/Padalarang PP, 10 perjalanan Commuter Line Walahar relasi Purwakarta – Cikarang PP dan 2 perjalanan Commuter Line Jatiluhur relasi Cikampek-Cikarang PP,” ujar Anne.

Baca Juga  TPPAS Lulut Nambo Mulai Diujicoba, Ditargetkan Beroperasi Maret 2024

Guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya kepadatan pengguna di sejumlah stasiun, menurut Anne telah disiapkan penambahan fasilitas maupun petugas pelayanan dan keselamatan, serta kesiapan pola operasi dan sarana untuk kelancaran operasional perjalanan kereta.

Disamping itu, KAI Commuter menambah fasilitas-fasilitas layanan pengguna seperti penambahan layanan Pos Kesehatan di Stasiun Cicalengka serta penambahan tenda dan kursi tunggu pengguna, perbaikan dan perluasan mushala dan toilet, serta penambahan fasilitas-fasilitas layanan lainnya.

“KAI Commuter juga menghadirkan suasana stasiun dengan tematik lebaran di 6 stasiun, yaitu Stasiun Cikampek, Stasiun Purwakarta, Stasiun Padalarang, Stasiun Cimahi, Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong,” tuturnya.

Anne menuturkan pihaknya juga mengutamakan keamanan dan kenyamanan pengguna, baik di area stasiun maupun dalam perjalanan.

Hal itu dilakukan dengan menyiagakan 220 petugas Pengamanan di area stasiun dan 64 petugas pengamanan di dalam perjalanan Commuter Line
bekerjasama dengan aparat TNI dan Polri.

Di sejumlah stasiun juga ada penambahan petugas layanan, seperti di Stasiun Cimekar, Stasiun Padalarang, Stasiun Kiaracondong dan Stasiun Rancaekek.

Baca Juga  Mapag Hujan Digelar Serentak di 30 Kecamatan Kota Bandung

“Dengan layanan ini diharapkan pengguna yang akan berlebaran ataupun berwisata menggunakan Commuter Line, akan merasa lebih aman dan nyaman,” ucapnya.

Untuk diketahui, transaksi pemesanan tiket Commuter Line dapat dilakukan melalui aplikasi Access By KAI mulai H-7 jadwal keberangkatan.

“Selama perjalanan baik dengan KA Lokal atau commuterline, KAI Commuter mengimbau kepada pengguna untuk tetap mematuhi peraturan yang berlaku, menjaga dan mengawasi buah hati, menyiapkan perjalanan dengan cermat, serta menjaga barang bawaan dan ikuti arahan petugas,” pungkasnya.

Editor  : Ida