banner 970x250

Wapres: Jabar Miliki Potensi Ekonomi dan Keuangan Syariah Sangat Besar

Kota Bandung, BriliaNews.com – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan, Jawa Barat (Jabar) memiliki potensi ekonomi dan keuangan syariah yang sangat besar di Indonesia.

Oleh karena itu, optimalisasi pengembangan industri produk halal melalui penguatan ekosistem rantai nilai halal semua sektor unggulan perlu terus dilakukan.

Hal itu dikatakan Wapres ketika mengukuhkan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Jawa Barat, di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (23/4/2024).

Baca Juga  Presiden Joko Widodo Resmikan Bendungan Sukamahi di Kabupaten Bogor

Menurut Wapres kontribusi sektor ekonomi dan keuangan syariah untuk pembangunan di Indonesia, sudah mulai meningkat termasuk di Jabar. Sejak 2013-2023, terdapat 315  proyek dengan nilai sekitar Rp17,8 triliun yang dibiayai dari Surat Berharga Syariah Negara.

Untuk itu, keberhasilan implementasi proyek-proyek ini, perlu terus didukung.

Dalam hal ini, KDEKS Jabar diharapkan turut berperan dalam memperluas inklusi keuangan syariah, untuk pembiayaan pembangunan daerah melalui penerapan inovasi jasa keuangan syariah dan teknologi digital.

Baca Juga  Prof. Mochtar Kusumaatmadja Resmi Gantikan Nama Jalan Layang Pasupati

“KDEKS Jabar harus mengembangkan bisnis dan kewirausahaan syariah, melalui optimalisasi program inkubasi usaha syariah,” ujar Wapres. 

Editor  : Ida