banner 970x250

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar Tahun 2024 Resmi Diluncurkan

Kota Bandung, BriliaNews.com – Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin resmi meluncurkan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2024, di Sasana Budaya Ganesha Bandung, Senin (27/5/2024) malam.

Pilkada Jawa Barat 2024, bertema ‘Pilgub Jabar Sebagai Inisiasi Budaya Demokrasi di Jawa Barat, dengan tagline_ ‘Pilkada Jabar 2024 Gemilang,’ atau Gembira Memilih Langsung.

Pada kesempatan itu diluncurkan pula maskot dan jingle Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar 2024.

Maskot Pilgub/ Wagub Jabar 2024 adalah ‘Sili’ dan ‘Wangi’, yang kalau dipadukan menjadi kata ‘Siliwangi,’ Dengan karakter harimau bara, asli dari Jawa Barat.

“Maknanya menunjukkan kegagahan, kekuatan, sekaligus keramah tamahan masyarakat Jawa Barat,” kata Ketua KPU Jabar Ummi Wahyuni.

Maskot ini merupakan hasil dari sayembara yang sebelumnya diadakan KPU Jabar. Maskot Sili dan Wangi merupakan gagasan Eman Sulaeman, yang dipilih KPU sebagai pemenang sayembara maskot.

Baca Juga  Isbat Nikah Terpadu, 72 Pasangan di Kabupaten Bekasi Dinikahkan Secara Legal

Sementara terpilih jingle berjudul ‘Suara untuk Jawa Barat,’ merupakan karya Pradea Aldi sebagai pemenang sayembara.

Bey Machmudin
berharap pemilihan Gubernur/Wagub, berlangsung dengan aman, tertib dan kondusif.

Untuk itu, ia mengajak masyarakat, penyelenggara pemilihan,TNI/Polri, dan BIN bersama – sama menjaga situasi serta menghindari provokasi, kekerasan, dan kecurangan.

Sejalan dengan itu, netralitas ASN juga penting. Aparatur pemerintah menurut Bey harus profesional, adil, dan tidak memihak. Masyarakat pun agar menggunakan hak pilih dengan bijak.

“Partisipasi aktif sangat penting untuk menentukan masa depan Jawa Barat,” ucap Bey.

Bey juga mengajak seluruh elite politik bakal calon Gubernur/Wakil Gubernur beserta tim sukses dan simpatisan, untuk bersaing sehat, menjunjung tinggi etika dan norma dalam berkampanye serta memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat.

Baca Juga  Amankan Pemilu, Satpol PP Kota Bandung Siagakan 354 Personel dan 14.848 Linmas

“Biarlah masyarakat memilih berdasarkan program dan visi misi yang ditawarkan bukan karena hasutan atau berita bohong,” kata Bey.

Bey sedikit mengingatkan menjelang Pilpres dan Pileg 2024 pada bulan Februari lalu, Jabar telah mendeklarasikan Jabar Netral dan Tenang, atau slogan ‘Jabar Anteng’ sebagai simbol pemilu damai yang harus dilanjutkan.

(Ida)