banner 970x250

Pernyataan Sikap Civitas Academica UPI Dukung Keadilan Bagi Palestina

Kota Bandung, BriliaNews.com – Civitas academica Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang tergabung dalam Student for Justice in Palestine (SJP), menyampaikan pernyataan sikap sebagai bentuk dukungan untuk keadilan di Palestina.

Koordinator UPI SJP Galvin Eka Nurullah mengatakan pernyataan sikap ini merupakan komitmen civitas academica UPI, untuk terus berjuang dan mendukung ditegakkannya hak asasi manusia dan keadilan bagi bangsa Palestina.

“Sebanyak 35.000 lebih nyawa melayang akibat eskalasi penjajahan Palestina oleh Zionis Israel. 200 hari lebih genosida yang terjadi sejak peristiwa 7 Oktober 2023, membuka mata seluruh dunia. 76 tahun peringatan Nakba, yakni sebuah tragedi kemanusiaan yang mengusir secara paksa 750.000 lebih orang Palestina dari tanah miliknya,” ujar Galvin dalam siaran persnya, Kamis (16/5/2024).

Dalam kondisi yang mengkhawatirkan tersebut, tambah Galvin, segenap civitas academica UPI sebagaimana warga negara Indonesia yang menjunjung tinggi perikemanusiaan dan perikeadilan, menegaskan kemerdekaan adalah hak segala bangsa sebagaimana juga termaktub dalam alinea pertama Pembukaan UUD Tahun 1945.

Baca Juga  Ahmad Syaikhu Soroti Stunting dan Rumah Tidak Layak Huni di Bandung Barat

“Karena itu kami berkomitmen untuk terus berjuang dan mendukung ditegakkannya hak asasi manusia dan keadilan bagi bangsa Palestina,” tegas dia.

Galvin menyatakan, ada lima pernyataan sikap yang ditegaskan oleh Student of Justice in Palestine, yaitu:

1.Mengutuk keras segala bentuk genosida Israel terhadap Palestina karena telah jelas melanggar hak asasi manusia dan hukum Internasional yang berlaku.

2.Mengecam berbagai sikap negara-negara pro Israel yang menghalangi upaya negara Palestina untuk berdiri sebagai negara merdeka dan memiliki hak penuh atas keanggotaannya di Perserikatan Bangsa-bangsa.

3.Mendukung sikap Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia yang secara konsisten berdiri tegak bersama bangsa Palestina untuk memperjuangkan hak kemerdekaannya, serta menolak mengakui kedaulatan Israel dan menutup hubungan diplomatik dengan Israel.

Baca Juga  Industri Perfilman Harus Tetap Produktif di Masa Pandemi

4.Mendukung secara penuh terhadap gerakan solidaritas untuk Palestina yang terjadi di kampus-kampus seluruh dunia dalam menyuarakan kemanusiaan dan keadilan untuk terus menjunjung tinggi keadilan bagi Palestina.

5.Mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia secara umum, dan seluruh sivitas akademika secara khusus untuk terus memperhatikan kondisi krisis kemanusiaan yang terjadi di Palestina, serta meningkatkan kesadaran dan kepedulian dengan memberikan berbagai dukungan secara moril dan materiil terhadap perjuangan bangsa Palestina
untuk memperoleh hak kemerdekaannya.

(Adi)