banner 970x250

Percepat Pengerukan Sampah di Jembatan Babakan Sapan Batujajar Gunakan Alat Berat

Kota Bandung, BriliaNews.com – Sejumlah alat berat digunakan untuk mempercepat proses pembersihan dan pengerukan sampah di aliran Sungai Citarum, tepatnya di bawah Jembatan Babakan Sapan penghubung Kecamatan Batujajar dan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat.

Alat berat yang digunakan yakni excavator long arm, excavator amphibi, dan excavator standart. Alat berat tersebut berasal dari sejumlah pihak, seperti Dansektor 9, Dansektor 8, dan IP Saguling POMU.

Alat berat dimanfaatkan sesuai kebutuhan, mulai dari pengerukan sedimen, pengangkatan sampah ke darat, sampai membuat lubang dan menutup sampah.

Baca Juga  Kak Atalia Praratya Lantik Pengurus Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Pangandaran Masa Bhakti 2021-2026

Sebanyak 400 personel dari berbagai institusi, mulai dari Pemda Provinsi Jabar, TNI, Polri, BBWS dan masyarakat, ikut dalam proses pembersihan dan pengangkatan sampah pada Jumat (14/6/2024).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jabar Ika Mardiah mengatakan, masyarakat dapat berperan aktif melaporkan kondisi Sungai Citarum terutama terkait penumpukan sampah agar segera diatasi. Pelaporan dapat melalui aplikasi Sapawarga.

“Kami berharap aparatur desa, kecamatan, dan juga warga untuk menyampaikan laporan atau aduan, jika ada lagi penumpukan sampah agar dapat segera diatasi sehingga tidak sampai menumpuk,” tutur Ika.

Baca Juga  JQR Konsolidasikan Pemulangan Warga Jabar dari Arab Saudi dan Korea Selatan yang Alami Masalah Kesehatan

(Ida)