banner 970x250

Wisuda 2.128 Lulusan, Rektor UPI Paparkan Peran Penting Alumni Wujudkan UPI Sebagai World Class University

Kota Bandung, BriliaNews.com – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mewisuda 2.128 lulusan pada Wisuda gelombang II tahun 2024.

Para wisudawan terdiri atas lulusan program Diploma (1), sarjana (1.811), Magister (253) dan Doktor (53) serta 3 lulusan yang berasal dari luar negeri yakni lulusan program sarjana dari Turkmenistan (1) dan program magister dari China dan Uzbekistan masing-masing 1 orang.

Tiga wisudawan dari masing-masing jenjang studi, lulus cumlaude dengan IPK 4,0 yakni Qolbi Sukmayadi jenjang S1 prodi Sosiologi, Gunarso jenjang S2 prodi pendidikan komputer dan Ari Putra, jenjang S3 prodi Pendidikan Masyarakat.

“Alhamdullilah kita mewisuda 2.128 alumni dan kita berharap wisuda hari ini memberikan keberkahan. Salah satunya, sesuai dengan pidato saya, para alumni bisa memberikan pengaruh luar biasa pada UPI menuju World Class University ,” kata Rektor UPI Prof. Dr. H. M. Solehuddin, kepada wartawan, usai acara Wisuda di Gedung Gymnasium UPI, Kamis (20/6/2024).

Dalam pidatonya, Rektor menyatakan menjadi World Class University merupakan program prioritas UPI.

Baca Juga  Kejuaraan Tenis Lapangan se Priangan Timur Perebutkan Piala Wagub Jabar

Salah satu indikator penting dari sebuah world class university, adalah profesionalitas dan kemandirian.

“Ketergantungan UPI terhadap anggaran pemerintah semakin kecil, hingga mencapai sekitar 20 persen pada tahun anggaran terakhir,” ujarnya.

Kemandirian ini kata Solehuddin menjadi benchmark yang semakin penting, dalam kerangka peningkatan persaingan antar universitas secara global.

Hal ini semakin penting untuk mendorong tumbuhnya motivasi untuk bersaing sehat serta memperoleh tempat di puncak hierarki pendidikan tinggi secara global.

“Status sebagai World Class University (WCU) inilah yang kini menjadi salah satu program prioritas pengembangan UPI ke depan,” ucapnya

Solehuddin menuturkan, alumni UPI berperan penting dalam mewujudkan program tersebut.

Dalam hal ini, alumni diharapkan dapat membangun jejaring dan kolaboras baik di tingkat nasional maupun internasional dengan institusi tempatnya bekerja.

Disamping itu, alumni yang telah sukses dibidang masing-masing, memberikan kontribusi pengetahuan dan keahlian dengan mahasiswa/ dosen melalui kuliah tamu, seminar atau workshop.

Baca Juga  Kick Off Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku Tahun 2023

“Para alumni juga dapat memberikan dukungan finansial dalam bentuk bea siswa, pengembangan infrastruktur kampus dan mempromosikan reputasi UPI dimata dunia, sehingga akan menarik lebih banyak mahasiswa dan peneliti berkualitas tinggi untuk bergabung dengan UPI,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Rektor Solehuddin juga berpesan agar para alumni UPI menunjukan prestasi kerja yang terbaik dimanapun ia berkarir, serta jaga nama baik UPI.

“Mohon dijaga nama baik UPI. Tunjukkan prestasi kerja dan berikan performa yang terbaik, dimanapun ia berkarir. Hal ini secara otomatis akan membawa dampak baik juga bagi UPI,” tutur Rektor UPI Solehuddin.

Pewarta : Adi
Editor : Afrida