banner 970x250

150 Ormas Ikut Jambore Ormas Jabar 2024

Kab. Bandung Barat, BriliaNews.com – Sebanyak 150 organisasi masyarakat yang diwakili masing – masing kadernya, mengikuti Jambore Ormas Jabar 2024, yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jabar.

Kegiatan yang berlangsung di markas Dodik Bela Negara Rindam III/Siliwangi, Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, digelar selama 2 hari pada Selasa – Rabu (23 -24/7/ 2024).

Plh Kepala Bakesbangpol Jabar Sapta Yulianto Dasuki mengatakan, Jambore Ormas dilaksanakan tiap tahun dengan peserta ormas dipilih secara bergantian.

“Tahun ini kita undang 150 ormas di Jabar untuk mengikuti Jambore, secara bergantian setiap tahunnya,” ujar Sapta Yulianto, Selasa (23/7/2024).

Baca Juga  Kertajati Harus Jadi Solusi, Bukan Hanya Legacy, Apalagi Prasasti

Sapta menyebut di Jawa Barat saat ini ada 1.562 ormas, 736 ormas diantaranya masih aktif berkegiatan. Sementara 736 tidak aktif dan 285 ormas belum terverifikasi per Juli 2024.

Bakesbangpol dikatakannya bertugas menguatkan nilai wawasan kebangsaan dan bela negara bagi generasi muda dan masyarakat pada umumnya, karena mereka akan menjadi agen bagi peningkatan rasa cinta Tanah Air.

“Terlebih mendekati Pilkada 2024, kami ajak mereka menjadi penjaga kerukunan kebangsaan dan menyukseskan Pilkada,” tambahnya.

Sapta berharap ormas saling menjaga silaturahmi dan kerukunan, agar kondusivitas di Jabar tetap terjaga.

Selanjutnya perwakilan ormas yang ikut Jambore, dapat menularkan nilai -nilai kebangsaan kepada seluruh anggota masing-masing, dan kepada masyarakat luas.

Baca Juga  Jabar Raih Batas Desa Award Kategori Sangat Baik se Indonesia

“Mayoritas penduduk Jabar kaum muda atau milenial produktif dan heterogen. Sampai saat ini masih terjaga kerukunan antara masyarakat dengan baik, harus dipertahankan,” tutur Sapta.

Jambore Ormas tahun ini mengangkat tema ‘Membangun Sikap Bela Negara untuk meningkatkan Sinergi, dalam upaya mewujudkan Kondusivitas Jelang Pilkada Serentak 2024.

(Ida)