banner 970x250

Dorong UMKM Naik Kelas, Pos Indonesia Gelar PosAja UMKM Fest 2024

Surabaya, BriliaNews.com
Sekitar 300 usaha Mikro kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Jawa Timur mengikuti PosAja! UMKM Fest 2024, yang diselenggarakan
Pos Indonesia di Surabaya, Rabu (17/7/2024).

Kegiatan yang berlangsung satu hari penuh yang dimeriahkan pula dengan peluncuran PosAja UMKM dan UMKM Centre di Pos Block Surabaya, sukses menarik ratusan pengunjung.

Festival juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti bazar UMKM Jawa Timur, workshop UMKM dengan menghadirkan sejumlah pemateri yang ekspert di bidangnya.

Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi, yang diwakili oleh Direktur Business Kurir dan Logistik Tonggo Marbun mengatakan, festival bertujuan membantu promosi produk UMKM yang ada di Jawa Timur.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu komitmen Pos Indonesia dalam memajukan UMKM di Indonesia, karena UMKM memiliki peran besar dalam pembangunan ekonomi.

Terlebih UMKM juga berperan besar dalam penyerapan tenaga kerja, yakni 99% kegiatan bisnis di Indonesia dilakukan oleh UMKM.

“UMKM memiliki keunggulan seperti biaya rendah, fokus yang spesifik, kemampuan berinovasi cepat, dan fleksibilitas tinggi,” tutur Faizal.

Tonggo Marbun mengatakan, selain mengenalkan produk UMKM, festival ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM dan masyarakat umum mengenai kebijakan pemerintah terhadap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah.

Baca Juga  Gedung Pusat Kebudayaan Harus Jadi Tempat Berproses, Buky Wibawa : Jangan Jadi Sarang Kelelawar

“Melalui kegiatan ini, kami berharap pelaku UMKM yang belum paham legalitas usaha dan membutuhkan informasi kebijakan pemerintah dalam berusaha bisa didapatkan di festival ini, sehingga para pelaku UMKM dapat naik kelas dan go global,” tuturnya.

Pada kesempatsn yang sama, Senior VP Retail Business Pos Indonesia W Lily Selanno mengatakan, Pos Indonesia telah lama melibatkan UMKM dalam berbagai kegiatan usaha.

Salah satunya pada program PosAja yang melibatkan ribuan mitra menjadi Agen Pos, O-Ranger, dan Drop Point.

“Kami juga baru saja meluncurkan program COD Talangan. Artinya, bila ada kiriman yang menggunakan COD, kami talangi pembayarannya kepada mitra. Ini akan memberikan nilai lebih bagi pelaku UMKM yang menjadi agen kami,” ungkapnya.

Di lain pihak, Director of Business Partnership Shopee Indonesia Daniel Minardi mengulas tentang perkembangan digital dan strategi penjualan di Shopee dan kiat sukses berjualan di Shopee.

“Salah satu tips sukses berjualan online di Shopee diantaranya membuat deskripsi produk yang lengkap dan sesuai. Ini akan mendorong produk Anda mudah dicari di marketing,” ucapnya.

Baca Juga  OJK dan BI Optimis Trend Positif Kinerja Industri Keuangan dan Ekonomi Jabar Akan Berlanjut di Tahun 2023

Daniel dalam paparannya menyampaikan, di Shopee para UMKM juga berkesempatan untuk menjual produknya hingga ke mancanegara melalui Program Ekspor Shopee.

“Shopee berkomitmen untuk menjadi teman dalam setiap perjalanan UMKM di Indonesia. Kami mendukung perkembangan teman-teman UMKM untuk berkembang melalui berbagai program pendukung kita. Salah satunya adalah Program Ekspor Shopee yang bisa membawa penjualan produk mereka hingga ke Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Latin,” imbuh dia.

Sementara itu, pada sesi talkshow menghadirkan CEO Jakcloth Ruddy Lasut.

Untuk diketahui, PosAja! UMKM Fest 2024 diinisiasi oleh PosIND.

Produk yang dipamerkan dalam festival ini sebagian besar berupa makanan dan minuman, fashion, kerajinan, dan aksesoris.

Pewarta : Adi
Editor : Afrida