banner 970x250

Menag Sebut Penyelenggaraan Ibadah Haji 1445 H Berjalan Lancar

Jakarta, BriliaNews.com – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, operasional penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/ 2024 M berjalan sukses dan lancar.

Seluruh fase penyelenggaraan ibadah haji berjalan baik, mulai dari pemberangkatan, puncak haji hingga pemulangan.

Hal ini disampaikan Menteri Agama pada Penutupan Masa Operasional Haji 1445 H/ 2024 M, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (25/7/2024).

Turut mendampingi Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, Kepala BPKH Fadlul Imansyah, perwakilan Kedutaan Besar Arab Saudi, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Hilman Latief, serta perwakilan Kementerian/Lembaga terkait.

“Alhamdulillah seluruh fase penyelenggaraan ibadah haji berjalan baik. Mulai dari pemberangkatan, puncak haji hingga pemulangan. Puncak haji di Armuzna, semua juga berjalan lancar. Murur juga sebagai skema yang kita ikhtiarkan dan ini baru pertama kali dijalankan. Dan berjalan sukses,” kata Yaqut, Kamis (25/7/2024).

Baca Juga  Gudang Triplek di kota Bandung Terbakar

Menag mengungkapkan hingga akhir operasional ini, ada 46 Jemaah Haji yang masih dirawat di Arab Saudi.

Jemaah yang sakit ini akan terus dipantau, melalui Kantor Urusan Haji di Jeddah. Dan selama perawatan jemaah tidak akan dikenakan biaya.

“Jadi perlu juga ini kami sampaikan dan tidak berlebihan, jika disebut haji 2024 ini sukses dan jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” ucap Gus Menteri sapan akrabnya.

Menurutnya, kesuksean ini karena komunikasi yang baik antara pemerintah melalui Kementerian Agama dengan kedutaan kerajaan Saudi Arabia.

“Dan alhamdulillah, seluruh tahapan sekarang ini sudah selesai. Dan saya nyatakan operasional haji 1445 H/ 2024 M, berakhir,” kata Gus Menteri.

Baca Juga  Jelang Pilkada Serentak 2024, Saber Hoaks Deteksi Dini Potensi Hoaks

Untuk diketahui, dalam waktu dekat Kemenag segera menggelar evaluasi, sekaligus memulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1446 H/ 2025 M.

Kuota jemaah haji Indonesia sebanyak 221.000. Dan pada awal September 2024 mulai ada pertemuan dengan Arab Saudi.

Editor : Afrida