banner 970x250

Tahun Ini BNN Kota Bandung Bakal Punya Gedung Rehabilitasi

Kota Bandung, BriliaNews.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bandung, menggelar Groundbreaking Ceremony Pembangunan Gedung Rehabilitasi dan Kantor BNN Kota Bandung, Rabu (17/7/2024).

Gedung tersebut terletak di Jalan Ciungwanara Nomor 12B, Kelurahan Lebak Siliwangi, kecamatan Coblong.

Momen ini menjadi spesial, karena Kota Bandung dalam waktu dekat akan jadi Kota/Kabupaten pertama di Jawa Barat yang memiliki tempat rehabilitasi narkoba.

Penjabat Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono berharap, gedung rehabilitasi dan Kantor BNN dapat dioptimalkan untuk pelayanan kepada masyarakat.

“Gedung sudah ada, mari kita kelola dengan baik. Segera buat pengikatan dalam rangka memberi pelayanan kepada masyarakat Kota Bandung,” ajaknya.

Meski begitu, Bambang menekankan upaya pencegahan jauh lebih diperlukan ketimbang penanganan. Sehingga, penyalahgunaan narkoba dapat ditekan sejak awal.

Baca Juga  Muhammad Yusuf Dilantik Sebagai Wali Kota Tasikmalaya Definitif

“Ini PR bersama. Untuk kita bisa mencegah jangan sampai populasi kasus narkoba di Kota Bandung tinggi,” tegasnya.

Menurut Kepala BNN Kota Bandung, Kombes Pol Mada Roostanto, pembangunan gedung ini menjadi langkah baik untuk memfasilitasi layanan rehabilitasi narkoba yang mudah dijangkau oleh masyarakat Kota Bandung.

“Hal yang melatarbelakangi pembangunan gedung ini adalah memiliki sarana rehabilitasi di tengah keterbatasan BNN Kota Bandung dalam melayani masyarakat,” ujar Mada.

Sebagai informasi, gedung rehabilitasi ini akan memiliki Klinik Pratama yang melayani rawat jalan, rawat inap, serta ruang konselling.

Ke depannya, gedung ini akan dilengkapi Ruang Pelayanan Terpadu, Ruang Tim Asesmen Terpadu, serta Ruang Tahanan untuk menunjang operasional BNN Kota Bandung. Adapun pembangunan gedung ini merupakan hibah dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Baca Juga  Uu Ruzhanul Dorong Lembaga Pendidikan Islami Lahirkan Generasi Berkualitas, Beriman, dan Bertakwa

“BNN Kota Bandung di sini sebagai penerima manfaat, jadi kami ucapkan terima kasih kepada Pemkot Bandung. Semoga ini menjadi langkah yang baik untuk menghadirkan fasilitas layanan rehabilitasi narkoba yang mudah dijangkau oleh masyarakat Kota Bandung,” tuturnya.

Pembangunan Gedung Rehabilitasi dan Kantor BNN Kota Bandung seluas 1.264 meter per segi ini, diproyeksikan selesai pada pertengahan Desember 2024 mendatang.

Editor : Adi