banner 970x250

Tingkatkan Literasi Keuangan, OJK dan TPAKD Kota Cimahi Gelar Indonesia Menabung Bagi Pelajar

Kota Cimahi, BriliaNews.com – Dalam rangkaian Hari Indonesia Menabung, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jawa Barat, memberikan edukasi keuangan kepada pelajar di kota Cimahi.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan Literasi Keuangan sekaligus
melatih kebiasaan menabung sejak dini.

Plt. Direktur Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, Pelindungan Konsumen dan Layanan Manajemen Strategis Kantor OJK Provinsi Jawa Barat Aulia Fadly mengatakan, kegiatan edukasi merupakan implementasi Keputusan Presiden Nomor 26 Tahun 2019, tentang Hari Indonesia Menabung (HIM) yang diperingati setiap tanggal 20 Agustus.

Hal itu disampaikan
Aulia Fadly pada kegiatan Edukasi Keuangan kepada siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 1 Kota Cimahi, dengan tema “Pelajar Cerdas Keuangan Sejahtera Masa Depan, ” Kamis (18/7/2024)

Aulia Fadly berharap dengan kegiatan edukasi ini, para pelajar di Kota Cimahi menjadi melek keuangan, memiliki kemampuan dan keyakinan untuk memilih dan memanfaatkan produk dan layanan keuangan yang sesuai kebutuhannya.

Tidak hanya itu, Aulia juga mengapresiasi Pemda Kota Cimahi, yang telah mendukung program Duta Literasi Keuangan bagi siswa-siswi SMP/se kota Cimahi.

Baca Juga  Gubernur Jabar dan Lima Kepala Daerah Cekungan Bandung Sepakati Program Percepatan

Kegiatan edukasi digulirkan sejak 19 Juni 2024, diawali dengan program Training of Trainers kepada perwakilan Siswa/i SMP se-Kota Cimahi.

Pj Walikota Cimahi H. Dicky Saromi mengapresiasi program KEJAR (Satu Rekening Satu Pelajar), yang merupakan inisiasi OJK dan program Duta Literasi Keuangan di SMP se-Kota Cimahi, yang dilaksanakan dalam rangkaian Hari Indonesia Menabung (HIM) tahun 2024.

Dalam sambutannya Dicky Saromi menyebut pelajar saat ini merupakan generasi muda yang kelak akan turut berperan menentukan nasib bangsa. Salah satu keterampilan yang harus dikuasai, adalah pengelolaan keuangan.

“Semoga melalui program ini kita dapat melahirkan generasi yang cerdas keuangan untuk mewujudkan kesejahteraan masa depan,” tambahnya.

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan sosialisasi – edukasi keuangan kepada pelajar dalam rangka program KEJAR dan Hari Indonesia Menabung (HIM), merupakan kolaborasi antara OJK Provinsi Jawa Barat, Bank BJB Cabang Cimahi, Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Pemkot Cimahi.

Baca Juga  Raih Kontrak Tahun 2022 & 2023 dari UNICEF, Bio Farma Siap Ekspor Vaksin Polio ke Berbagai Negara

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Cimahi Budi Raharja, S.Sos, M.Si, Pemimpin BJB Cabang Cimahi Ockie Castrena Yuliawan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi Nana Suyatna, S.STP.,M.Si, Kepala SMP Negeri 1 Kota Cimahi Sri Mulyaningsih, S.Pd., M.Pd. dan Kepala Bagian Perekonomian Kota Cimahi Rina Mulyani ,S.T, MT.

Kegiatan edukasi keuangan kepada pelajar SMP Negeri 1 Kota Cimahi diselenggarakan pada saat kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), yang dihadiri sekitar 500 siswa yang akan menerima Tabungan SimPel (Simpanan Pelajar) dari Bank BJB.

Tabungan SimPel dari Bank BJB diserahkan secara simbolis kepada perwakilan 6 siswa/i baru.

Pewarta : Adi
Editor : Afrida