banner 970x250

Wapres Ke 9 RI Hamzah Haz Meninggal Dunia

Jakarta, BriliaNews.com – Wakil Presiden ke 9 RI, Hamzah Haz meninggal dunia, rabu (24/7/2024). Ia meninggal dalam usia 84 tahun.

Hamzah Haz, yang lahir di Ketapang, Kalimantan Barat, pada 15 Februari 1940, menjabat sebagai Wakil Presiden mendampingi Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, dengan masa jabatan 2001-2004.

Sebelumnya, Hamzah Haz juga pernah menjabat sebagai Menteri Negara Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di era Presiden BJ Habibie pada tahun 1998.

Baca Juga  Cek Kesiapan Tempur, Danlanud Husein Sastranegara Inpeksi Gudang Senjata

Hamzah Haz pernah menjadi Wakil Ketua DPR RI periode 1999-2004, serta Menko Kesra dan Taskin masa jabatan era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Beliau dishalatkan di Mesjid Jamie Darussalam, Matraman, Jakarta dan dimakamkan sebelah makam istrinya di pemakaman keluarga Cisarua Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Beliau dimakamkan di samping Masjid Al-Ikhlas, di mana beliau mendirikan masjid ini. Pak Hamzah Haz dimakamkan di samping istrinya,” kata Junaedi Irawan, selaku pengurus yayasan yang didirikan Hamzah Haz.

Baca Juga  Puncak El Nino Masih Bertahan Hingga Ahir Oktober 2023

(Adi)