banner 970x250

Gaya Hidup Cenderung Konsumtif, Aulia Fadly : Anak Muda Penting Pahami Literasi dan Inklusi Keuangan

Kota Cimahi, BriliaNews.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jawa Barat bersama seluruh pemangku kepentingan, terus berupaya mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat khususnya bagi generasi muda dan pelajar.

Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan 2 dan Manajemen Startegis OJK Jawa Barat Aulia Fadly mengatakan, pemahaman tentang literasi dan inklusi keuangan bagi pelajar
sangat berguna dalam peningkatan kesejahteraan mereka dimasa depan.

Hal itu disampaikan
Aulia Fadly pada pembukaan kegiatan Puncak Hari Indonesia Menabung 2024 di Cimahi Techno Park, Kota Cimahi, Kamis (15/8/2024) yang dihadiri Kepala OJK Provinsi Jawa Barat Imansyah.

Aulia Fadly menandaskan,
kemampuan untuk mengelola keuangan dengan baik dan benar, sangat penting dimiliki oleh kaum muda. Terlebih
ditengah perubahan gaya hidup anak muda yang cenderung konsumtif.

“Perencanaan keuangan yang baik, rajin berinvestasi dan menabung, akan memudahkan anak muda, untuk merencanakan masa depan yang sejahtera serta kemerdekaan finansial sesegera mungkin,” kata Aulia pada pembukaan kegiatan Puncak Hari Indonesia Menabung 2024 di Cimahi Techno Park, Kota Cimahi, Kamis (15/8/2024).

Karena itu, kata Aulia Fadli, OJK mendorong para pelajar untuk memaksimalkan literasi keuangan, agar dapat memilih produk keuangan dengan bijak sesuai dengan kebutuhan dan tujuan keuangan serta membentengi diri dari berbagai kejahatan keuangan digital.

Baca Juga  Jabar Inisiasi Vaksinasi Covid-19 Berbasis Bidan Desa

Ke depan, tambah Aulia, OJK akan meningkatkan dan mengoptimalkan sinergi dan kolaborasi bersama pemangku kepentingan, guna mewujudkan generasi pelajar yang cerdas, berkualitas dan mampu mengatur keuangan dengan baik dan bijak untuk menyonsong masa depan sejahtera.

Pada kesempatan yang sama, Pj. Wali Kota Cimahi Dicky Saromi mengapresiasi
kegiatan OJK dalam memeriahkan Puncak Hari Indonesia Menabung 2024, melalui kegiatan peningkatan literasi dan inklusi keuangan bagi para pelajar.

“Kami mengapresiasi langkah OJK yang telah menginisiasi kegiatan untuk menumbuhkan kebiasaan menabung dan merencanakan keuangan dengan baik sejak dini, sebagai salah satu cikal bakal untuk membentuk generasi muda berkarakter dalam menyongsong Indonesia Emas 2045,” ungkap Dicky.

Sementara itu Direktur Konsumen dan Ritel Bank BJB Yusud Saadudin mengatakan, BJB senantiasa mendorong dan berkomitmen untuk mendorong dan inklusi keuangan bagi kalangan pelajar. Selain itu, pihaknya juga akan terus mengoptimalkan program edukasi dan akses keuangan tabungan simpanan bagi pelajar.

Baca Juga  Sub Pin Polio Targetkan Hampir 4 Juta Anak Usia 0 Sampai 59 Bulan

Kegiatan dalam rangkaian puncak peringatan Hari Indonesia Menabung (HIM) 2024, dilaksanakan atas kerjasama OJK Provinsi Jabar dengan Bank BJB, Pemerintah Kota Cimahi dan Dinas Pendidikan Kota Cimahi.

Untuk diketahui, selama selama rangkaian HIM 2024, sekitar 12.000 pelajar di Jabar telah mengikuti rangkaian kegiatan edukasi keuangan.

Dalam kegiatan tetsebut telah dibuka 9 juta rekening dengan nominal Rp5,4 triliun untuk Provinsi Jawa Barat dan 110 ribu rekening dengan nominal Rp30,8 miliar untuk Kota Cimahi.

Pada kegiatan ini juga diumumkan Duta Literasi Keuangan Terbaik Tingkat SMP se-Kota Cimahi. Juara 1 diraih oleh SMP Negeri 2 Cimahi, Juara 2 oleh SMP Negeri 6 Cimahi dan Juara 3 oleh SMP Negeri 7 Cimahi.

Pewarta : Adi
Editor : Afrida