banner 970x250

OJK Jabar Luncurkan Ekosistem Keuangan Digital Bagi Pelajar

Kota Bandung, BriliaNews.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jawa Barat terus meningkatkan literasi dan inklusi keuangan digital khususnya bagi kalangan pelajar, agar lebih memahami manfaat serta risiko penggunaan teknologi dalam produk dan layanan jasa keuangan.

Demikian disampaikan Kepala OJK Provinsi Jawa Barat Imansyah, pada peluncuran Program Ekosistem Keuangan Inklusif Digital berbasis Artificial
Intelligence (AI) di SMK Negeri 4 Bandung, Selasa (6/8/2024).

Menurut Imansyah perkembangan teknologi yang pesat termasuk perkembangan AI, telah memengaruhi berbagai sektor termasuk sektor jasa keuangan.

“Sehingga, berbagai produk dan layanan jasa keuangan dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat termasuk pelajar,” ujarnya.

Imansyah memaparkan perkembangan teknologi, adalah sebuah keniscayaan yang tidak dapat kita tolak. Oleh
karena itu, generasi muda terutama pelajar dapat harus dapat memanfaatkan teknologi dengan baik termasuk mitigasi risiko.

“Karena itu kami mendorong para pelajar untuk memaksimalkan penggunaan teknologi dan AI dengan baik, terutama sebagai sarana pembelajaran
pengelolaan keuangan sejak dini,” ucapnya.

Baca Juga  Reses Anggota DPRD Jabar, Daddy Rohanady : Desa Kalirahayu Ingin Wujudkan Sinergitas

Sekretaris Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Edy Purwanto mengapresiasi inisiatif OJK dalam kegiatan ini dan berharap kegiatan serupa dilakukan secara masif dan berkelanjutan.

“Kami harapkan, apa yang diselenggarakan di SMK Negeri 4 bisa menjadi inspirasi dan contoh bagi sekolah lainnya, sehingga program penuh kebaikan akan berdampak masif dan berkelanjutan,” kata Edy.

Hal senada disampaikan Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Bandung Agus Setiawan.

“Kami menyambut baik langkah OJK untuk mendorong literasi dan inklusi keuangan bagi kalangan pelajar, khususnya yang memanfaatkan perkembangan teknologi dan AI,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, para siswa diajak melihat langsung implementasi agen Laku Pandai bjb BiSA, peluncuran produk Hydro4 (air mineral), dan penggunaan QRIS di kantin sekolah.

Sebagai informasi, kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Indonesia Menabung (HIM) Tahun 2024, yang dilaksanakan atas kerjasama OJK Provinsi Jawa Barat, Bank BJB, SMK Negeri 4 Bandung, dan PT Curaweda Palagan Innotech.

Baca Juga  Faktor Lingkungan Sangat Pengaruhi Derajat Kesehatan

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan antara lain pembukaan rekening pelajar untuk 2.000 siswa, pembagian kartu pelajar sebagai ATM, serta pengenalan layanan perbankan berbasis AI. Bersamaan dengan itu, OJK juga mengedukasi pelajar tentang perencanaan keuangan, produk dan layanan keuangan serta waspada terhadap kejahatan di sektor keuangan.

Pewarta : Adi
Editor : Afrida