banner 970x250

Gempa 5,3 SR di Sukabumi, KAI Daop 2 Bandung Pastikan Seluruh Perjalanan Kereta Aman

Kota Bandung, BriliaNews.com – Gempa dengan Magnitudo 5,3 Skala Richter di Lokasi 7.81 LS-106,55 BT (91 KM Selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada hari Minggu (15/9/2024) pukul 16.54 WIB, perjalanan kereta api khususnya di wilayah Daop 2 Bandung dipastikan aman.

Manager Humas PT KAI Daerah Operasi 2 Bandung Ayep Hanapi mengatakan, pada saat PT KAI menerima informasi terjadinya gempa, seluruh perjalanan kereta api khususnya di wilayah Daop 2 Bandung langsung dilakukan berhenti luar biasa (BLB). Hal itu dilakukan guna memastikan jalur yang akan dilewati aman dan tidak ada kendala.

“Tindakan cepat tersebut untuk memastikan tidak adanya kerusakan baik pada jalan rel, atau struktur jembatan yang ada di wilayah Daop 2 Bandung, serta guna mengantisipasi hal-hal yang dapat mengganggu perjalanan kereta api,” ucap Ayep, Minggu (15/9/2024).

Baca Juga  Kereta Pembawa Batu Balas Anjlog di Leles Garut, Perjalanan 3 KA Terganggu

Ayep Hanapi menyatakan, akibat dilakukan Berhenti Luar Biasa dampak dari gempa tersebut,
7 KA terganggu perjalanannya.

Tujuh KA tersebut adalah KA PLB 345A (Commuter Line Bandung Raya), KA PLB 7346 (Feeder),
KA PLB 7347 (Feeder), KA PLB 40A (Argo Parahyangan),
KA PLB 376B (Commuter Line Bandung Raya), KA PLB 259 (Kutojaya Selatan) dan KA 336 (Siliwangi).

Usai dilakukan pengecekan secara menyeluruh kata Ayep Hanapi, pada Minggu, 15 September 2024 pukul 17.42 WIB, seluruh lintas Daop 2 Bandung dinyatakan aman untuk dilalui.

“Seluruh perjalanan kereta api aman pasca gempa. Tidak ada dampak kerusakan di stasiun maupun di jalur rel akibat gempa tersebut,” jelas Ayep.

Baca Juga  Dukung Pekan ASI Sedunia, KAI Daop 2 Bandung Sediakan Ruang Laktasi Bagi Ibu Menyusui

“Daop 2 Bandung menyampaikan permohonan maaf atas tertahannya perjalanan KA tersebut selama beberapa menit, karena dilakukan pengecekan jalur guna memastikan perjalanan KA aman dan selamat,” tutur Ayep.

Editor : Adi
Sumber: Daop 2