banner 970x250

Terapkan Transformasi Digital, Bio Farma Raih Penghargaan Kategori “Cost Optimization” di Ajang Fordigi Summit 2024

Jakarta, BriliaNews.com – Bio Farma mendapat penghargaan kategori “Cost Optimization” dalam acara Fordigi Summit 2024 (Forum Digital BUMN), yang mengusung tema “Navigating The Digital Horizon: AI Strategies for SOE’s Transformation” di Jakarta yang berlangsung 2 hari pada 25-26 September 2024.

Penghargaan diserahkan oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia,Teknologi dan Informasi BUMN, Tedi Bharata dan diterima oleh Direktur Pemasaran Bio Farma Group, Kamelia Faisal.

Direktur Pemasaran Bio Farma Group, Kamelia Faisal mengatakan, penghargaan kategori “Cost Optimization” ini merupakan penghargaan atas inovasi berupa penerapan machine learning untuk optimisasi proses harvesting dalam pembuatan vaksin.

Baca Juga  Libur Nataru 2022/23, KAI Daop 2 Bandung Terjunkan 187 Petugas Amankan Perjalanan KA

“Dengan menerapkan machine learning, kami mampu menghasilkan sekitar Rp200 miliar per tahun, khususnya dalam produksi vaksin polio dan tetanus,” ujarnya.

Kamelia menuturkan, inovasi yang dilakukan Bio Farma
tidak hanya fokus pada area produksi yang didigitalisasi, tetapi juga pada proses lain seperti riset dan pengembangan.

“Saat ini Bio Farma masih dalam proses penggunaan metode Schrodinger untuk pembuatan dan formulasi vaksin, namun kedepannya kami berharap teknologi machine learning dapat membantu dibidang eksperimen dan distribusi”, ucapnya.

Ia menambahkan, apresiasi penghargaan ini merupakan bukti nyata bahwa Bio Farma terus mengembangkan kualitas produknya, sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Baca Juga  Kolaborasi Biofarma Group - FIADIFA Gelar Tali Kasih Ramadhan 1444 H di 9 Provinsi

“Selanjutnya Bio Farma akan terus memperhatikan sosial dan lingkungan masyarakat, dengan berinovasi sesuai dengan perkembangan digitalisasi,” tandasnya.

Untuk diketahui, Fordigi merupakan Lembaga yang berupaya meningkatkan komitmen transformasi digital di lingkungan BUMN, khususnya terkait penerapan kecerdasan buatan (AI).

Pewarta : Adi
Editor : Afrida