banner 970x250

UPI Sumbang 3 Medali Emas Untuk Jabar pada Ajang Peksiminas XVII Tahun 2024

Jakarta, BriliaNews.com – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sukses membawa pulang 3 medali emas dari tangkai lomba vocal grup, dangdut putra dan fotografi seni, dan 1 perak dari tangkai lomba komik strip, pada Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Nasional (Peksiminas) XVII tahun 2024.

Event yang diprakarsai oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dan BPTI Kemenristekdikti tersebut, diselenggarakan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada tanggal 2 sampai 7 September 2024 lalu.

Kepala BPSMI Jawa barat sekaligus Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan kemahasiswaan Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Dr. Didi Sukyadi, M.A. mengungkapkan, a
15 Tangkai diperlombakan pada Peksiminas XVII tahun 2024. Kegiatan tersebut diikuti 220 peserta perwakilan dari seluruh universitas di Indonesia yang mewakili provinsinya masing-masing.

Ia mengatakan, Koordinasi setiap provinsi di Indonesia dilakukan oleh Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) di setiap provinsi, yang bertanggung jawab menyiapkan Tim Peksiminas untuk melakukan seleksi di Tingkat daerah melalui Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida).

“Melalui seleksi tersebut, tersaring perwakilan terbaik dari setiap universitas dari daerahnya masing-masing. Dari Hasil Peksimida di Jawa Barat, tersaring 15 mahasiswa perwakilan dari UPI, IPB, UNPAD, UNSIL, Universitas Telkom, Universitas Pakuan, Universitas Kuningan, ISBI Bandung dan Universitas Singaperbangsa Karawang,” tuturnya.

Baca Juga  60 Tahun Pramuka Indonesia, Ridwan Kamil Disematkan Lencana Karya Bakti

Prof. Didi mengatakan, Tim Peksiminas Jabar sukses meraih juara ke dua dengan memperoleh 4 (empat) medali emas, 1 (satu) perak, dan 1 (satu) perunggu.

Dari perolehan medali tersebut, UPI menyumbangkan 3 medali emas dari tangkai lomba vocal grup, dangdut putra dan fotografi seni serta perak dari tangkai lomba komik strip.

Sementara 1 medali emas disumbangkan oleh UNSIL melalui tangkai lomba MONOLOG, dan UNPAD menyumbang 1 medali perak dari tangkai lomba seriosa putra.

“Tahun ini Tim Jawa Barat berhasil menduduki urutan kedua. Sekali lagi, prestasi ini sangat membanggakan, dan perolehan ini mesti ditingkatkan di masa yang akan datang agar dapat mencapai Juara Umum,” ungkapnya.

Direktur Direktorat Kemahasiswaan UPI, Prof. Dr. Prayoga Bestari, M.Si. mengatakan, prestasi kontingen UPI pada Peksiminas XVII patut dibanggakan, karena UPI menyumbang 3 medali dari tangkai yang sangat kompetitif.

“Saya juga sangat bangga dengan capaian yang di peroleh mahasiswa UPI, dan saya optimis di tahun mendatang dengan potensi mahasiswa UPI yang besar, akan dapat menyumbangkan lebih banyak lagi medali emas,” ujar Prof. Prayoga.

Baca Juga  Pendaftaran SNBT 2024 Besok Ditutup, UPI Masih Temukan Pendaftar Bermasalah

“Evaluasi saya, untuk masa yang akan datang pembinaan mahasiswa harus dilakukan dengan menggelar lomba seni internal kampus sebelum dilombakan pada Peksimida,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Prodi Film dan Televisi FPSD UPI Dr. Hery Supiarza, M.Pd. selaku Ketua Kontingen Tim Jawa Barat menyatakan, keberhasilan ini patut disyukuri sebagai wujud ikhitiar tertinggi dalam memberikan yang terbaik bagi kampus dan Provinsi Jawa Barat.

“Kami telah mendapatkan pengalaman selama menyelenggarakan persiapan, pemusatan latihan, gladi resik, dan mengikuti perlombaan, baik yang berhubungan dengan aspek manajerial maupun konten estetis materi tangkai lomba. Hal ini dapat menjadi modal yang baik bagi persiapan di tahun mendatang,” jelas Dr. Hery.

Editor : Adi
Sumber : UPI