banner 970x250

Dies Natalis ke-70 UPI, Pj Gubernur Jabar Dorong UPI Konsisten Lahirkan Tenaga Pendidik Berkualitas

Kota Bandung, BriliaNews.com – Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin berharap, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) konsisten melahirkan tenaga pendidik dan ilmuwan yang berkualitas serta berkarakter di masa depan.

Hal itu dikatakan Bey saat menghadiri Dies Natalis ke-70 dan Lustrum XIV UPI di Gedung Achmad Sanusi UPI, Kota Bandung, Senin (21/10/2024).

“Dies Natalis ke-70 ini merupakan pencapaian luar biasa yang menandai perjalanan panjang UPI, dalam menghasilkan tenaga pendidik dan ilmuwan yang berkualitas dan membentuk generasi muda yang berkarakter,” ucap Bey.

Bey juga berharap UPI terus bertumbuh dan berperan aktif dalam pengembangan pendidikan di kancah nasional dan internasional dengan melahirkan banyak karya ilmiah.

“Dengan mengusung tema ‘UPI Berkarya, UPI Mendunia’, menggambarkan visi UPI sebagai universitas yang tidak hanya berfokus pada pengembangan pendidikan di dalam negeri, tetapi juga berperan aktif dalam kancah internasional,” tuturnya.

Selain itu, Bey menuturkan Pemda Provinsi Jawa Barat sangat menghargai peran strategis UPI dalam mendukung pembangunan daerah, terutama melalui inovasi di bidang pendidikan dan penelitian yang relevan dengan tantangan zaman.

Baca Juga  Kota Bandung Dapat Bantuan Pembangunan 3 TPST Berteknologi RDF

Bey juga berpesan kepada sivitas akademika UPI untuk terus melahirkan inovasi di dunia pendidikan. Hal itu untuk meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di kancah internasional.

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi fasilitas sport science UPI yang telah membantu tim PON Jabar, meraih hattrick sebagai juara umum pada perhelatan PON Aceh-Sumut 2024,” ucap Bey.

Terkait peran UPI dalam PON XXI/2024, Rektor UPI Prof. Dr. M. Solehuddin mengungkapkan, mahasiswa UPI berkontribusi dalam kemenangan Jawa Barat sebagai Juara Umum PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.

Ia mengatakan, Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 menjadi ajang yang membanggakan, tidak hanya bagi kontingen Jawa Barat, tetapi juga bagi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Sebanyak 103 mahasiswa UPI yang mewakili Jawa Barat, berhasil menyumbangkan 149 medali, yang terdiri dari 64 medali emas, 38 medali perak, dan 47 medali perunggu.

Baca Juga  Uu Ruzhanul Tinjau Penyekatan di Perbatasan Jabar-Jateng

Nurevani Feraliana dan Ratih Dwi Oktariani dari Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO), berhasil menyabet 5 medali emas di cabang dayung.

Disamping itu, banyak lagi mahasiswa lainnya yang meraih medali, menjadi bukti nyata tentang betapa besarnya kontribusi UPI pada kemenangan Jawa Barat dalam PON.

“Prestasi gemilang ini turut mengantarkan Jawa Barat menjadi Juara Umum PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024,” tandasnya.

Pewarta : Adi
Editor : Afrida