banner 970x250
Berita  

Prof. Agus Rahayu : Smart Tech Village – Science Techno Park UPI, Pusat Riset dan Inovasi Unggulan Terintegrasi

Kab. Bandung Barat, BriliaNews.com – Smart Tech Village – Science Techno Park (STP) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dirancang untuk mewadahi empat Pusat Unggulan Universitas (PUU) yakni PUU Material dan Energi Bangunan Rendah Emisi (MEB), PUU Florikultura, PUU Edubiogreen serta PUU Sidat, Bionutrien, dan Pengolahan Air dan Limbah Cair.

Wakil Rektor Bidang Inovasi, Kebudayaan dan Sistem Informasi UPI, Prof. Dr. H. Agus Rahayu, M.P menjelaskan, STP UPI merupakan inovasi kebijakan dalam menghadapi tuntutan dan kebutuhan dalam pengoptimalan penelitian dosen, sehingga memiliki nilai ekonomi dan bermanfaat bagi masyarakat, kebutuhan terhadap pengelolaan hilirisasi yang terintegrasi, hingga tuntutan peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap UPI.

“Pembangunan STP UPI ini merujuk pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional tahun 2020-2024, yang tercantum dalam Peraturan Presiden No. 18 tahun 2020 serta inisiator pembangunan kawasan sains dan teknologi di Indonesia, yang diberikan kepada Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH),” kata Agus Rahayu pada launching Smart Tech Village – Science Techno Park (STP) di Kab. Bandung Barat, Rabu (23/10/2024).

Agus Rahayu menjelaskan pendirian STP UPI ini dalam upaya pengembangan dan pemanfaatan iptek hasil penelitian dan pengembangan civitas akademika UPI, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dengan strategi yang terintegrasi, tepat waktu, tepat guna, dan tepat sasaran.

Baca Juga  Pemesanan Minyak Goreng Curah Bersubsidi Melalui Aplikasi Sapawarga Diluncurkan

“Keberhasilan ini dipengaruhi oleh tingkat kesadaran civitas akademik terhadap pengetahuan, pemahaman, dan dukungan dalam implementasi pendirian STP UPI,” tutur Agus.

Ia memaparkan, Smart Tech Village – Science Techno Park (STP) UPI memiliki 2 model.

Model pertama berupa suatu kawasan terpadu, yang berfungsi sebagai platform untuk menciptakan produk inovasi yang siap diterapkan di masyarakat.

Proses ini melibatkan kolaborasi dengan industri dan dunia kerja (IDUKA), untuk tujuan komersialisasi dan penciptaan nilai ekonomi.

Sementara model kedua mengacu pada konteks yang saling terhubung dalam satu kawasan karena ada peluang dari beberapa pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota, yang bersedia menyediakan lahan untuk STP UPI.

“Hal ini memungkinkan lokasi Smart Tech Village – Science Techno Park (STP) UPI tersebar di beberapa daerah,” ujarnya.

Demikian pula dengan riset dan pengembangan dilakukan di kawasan tersebut, oleh pusat unggulan yang menghasilkan invensi berupa prototipe, yang kemudian dihilirisasi untuk menciptakan produk inovasi dan siap digunakan oleh masyarakat setempat atau untuk dikomersialisasikan dengan mitra IDUKA.

Baca Juga  Sejumlah Kepala Perangkat Daerah Pemprov Jabar, Positif COVID-19

“Sebagai koordinator dan pembina, Smart Tech Village – Science Techno Park (STP) UPI menjadi titik sentral, untuk memperluas jangkauan pemanfaatan dan komersialisasi produk inovasi di kawasan provinsi, kabupaten, dan kota,” jelas Agus.

Menurutnya, pengelolaan Smart Tech Village – Science Techno Park UPI, dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan, yaitu secara terintegrasi, terkoneksi, atau kombinasi dari keduanya.

Perencanaan kawasan Smart Tech Village – Science Techno Park (STP) UPI sendiri dibagi menjadi beberapa zonasi, berdasarkan kebutuhan ruang terbuka (open space) dan bangunan masing-masing Pusat Unggulan Universitas (PUU).

Pengolahan limbah berupa pengelolaan dan pengolahan limbah organik rumah tangga dan perkebunan melalui pengomposan, diselenggarakan oleh Pusat Unggulan Universitas Edubiogreen.

Sedangkan pengelolaan dan pengolahan air bersih dan air limbah diselenggarakan oleh Pusat Unggulan Universitas Sidat, Bionutrien, dan Pengolahan Air dan Limbah Cair.

“Sementara itu, pengelolaan listrik kawasan direncanakan menggunakan kombinasi antara sumber listrik dari PLN dan sumber listrik dari solar panel,” pungkas Agus.

Pewarta : Adi
Editor     : Afrida