banner 970x250

DPRD Jabar Apresiasi Terus Meningkatnya Index Demokrasi Indonesia (IDI) Jawa Barat

Kota Bandung, Brilianews.com – Wakil Ketua DPRD provinsi Jawa Barat H. Achmad Ru’yat, mengapresiasi terus meningkatnya Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi Jawa Barat.

Hal itu disampaikan politisi dari fraksi PKS tersebut, menanggapi pernyataan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jabar Iip Hidayat, pada workshop Pokja IDI Jabar di Kabupaten Purwakarta baru-baru ini.

Menurut Iip Hidayat pada tahun 2018 Index Demokrasi Indonesia Jawa Barat berada pada peringkat ke-31 di Indonesia, namun saat ini masuk ranking 9.

Baca Juga  Lina Marlina : Festival P2LIPI Akan Jadi Agenda Tahunan

Achmad Ru’yat menegaskan peran media sangat strategis, untuk mengukur sejauh mana demokrasi itu dijalankan dengan informasi seimbang yang disajikan.

“Informasi dari pemerintah dan aspirasi masyarakat, harus dijaga benar keseimbangannya oleh media massa,” tuturnya di Bandung, Jum’at (1/7/2022).

Ia berharap, Index Demokrasi Indonesia (IDI) Jawa Barat akan terus meningkat kedepannya hingga masuk lima besar.

“Pada tahun 2021 IDI Jabar berada di ranking ke 9 dan bila DPRD merespon aspirasi termasuk demokrasi, akan meningkatkan index demokrasi indonesia di Jabar dan diharapkan dimasa mendatang masuk lima besar, ” pungkasnya. (Adi/ Afr)