banner 970x250

Wali Kota Bandung Resmi Luncurkan Logo Hari Jadi Kota Bandung Ke 212

Kota Bandung, BriliaNews.com – Wali Kota Bandung H. Yana Mulyana meluncurkan logo Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke 212, Jumat (29/7/ 2022).

Logo ini terpilih lewat sayembara yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung.

Konsep logo terdiri dari angka 212 sebagai usia Kota Bandung yang dibuat membentuk salah satu hewan endemik atau hewan yang menjadi ciri khas Kota Bandung, yakni Burung Kutilang atau yang biasa dikenal Manuk Cangkurileung.

Sedangkan unsur warnanya mewakili bendera Pemkot Bandung yakni biru, kuning, dan hijau.

Logo HJKB tahun ini merupakan karya Dani Nugraha. Ia berhasil menyisihkan 256 desain yang masuk sejak pertengahan Juni sampai dengan Juli 2022.

Di bawah logo dilengkapi dengan tagline Bangkit Bersama untuk Bandung Juara.

Baca Juga  Rakerda IPeKB, Wagub Jabar Ingatkan Penanganan  Stunting Tetap Skala Prioritas

Bentuk keseluruhan logo seperti manuk cangkurileung tersebut, menjadi simbol keramah-tamahan.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan dalam proses pemilihan desain HJKB ini tidak mudah, pihaknya mengaku harus benar benar selektif untuk menentukan Logo HJKB ke-212.

“Tidaklah mudah untuk memilih logo HKJB ini. Semuanya bagus-bagus dan memiliki filosofis. Karenanya kita tentukan yang paling baik, misalnya dilihat dari segi artistik dan filosofis,” katanya.

Menurut Wali Kota, logo HJKB ke 212 yang membentuk manuk Cangkurileung ini, sangat menggambarkan orang Bandung yang dikenal someah. Tak hanya itu Cangkurileung juga menjadi simbol kreativitas, sejalan dengan Kota Bandung yang dikenal kreatif.

Manuk cangkurileung juga merepresentasikan kebersamaan dan kekompakan Pemkot Bandung beserta masyarakatnya dalam menuntaskan pandemi.

“Sedangkan tagline Bangkit Bersama untuk Bandung Juara, memiliki pesan yang menegaskan kondisi Kota Bandung saat ini, ucap Yana.

Baca Juga  Pusat Distribusi Provinsi Jabar Fokus Amankan Beras - Migor

Hari Jadi ke-212 yang diperingati setiap 25 September, menjadi momentum kebangkitan setelah terdampak terpaan pandemi Covid-19.

Gotong Royong menjadi kata kunci dalam menghadapi rintangan di Kota Bandung pasca pandemi. “Kita harus semakin kompak dan semakin kreatif, ” ujar Yana.

Tagline tersebut juga senada dengan tema HJKB ke 212 tahun ini yakni Tuntaskan Pandemi, Bangkit Bersama untuk Bandung Juara.
(SRI)