banner 970x250

Lomba Berhadiah 77 Juta dan Festival Di 77 Titik Ramaikan Hari Jadi Jabar ke 77

Bandung, BriliaNews.com – Hari jadi Jawa Barat ke 77 yang jatuh pada 19 Agustus 2022, akan dimeriahkan dengan berbagai festival dan lomba bernilai puluhan juta rupiah.

Staf Ahli Gubernur Jawa Barat, dr. Siska Gefrianti mengatakan hari jadi Jabar ke 77 tahun 2022 mengusung tema “Jabar Juara Indonesia Juara.”

“Yang dilaksanakan ada pre event, pertama di tanggal 18 kita akan ada reuni Preman Pensiun dan konser Dewa 19,” ucap Siska pada acara Jabar Punya Informasi (JAPRI) ke 100, di Gedung Sate kota Bandung, Senin (15/8/2022).

Siska menambahkan, pada tanggal 19 nya akan ada upacara di pagi hari, lalu rapat paripurna di DPRD Jabar. Setelah itu akan ada kegiatan di Jl. Diponegoro dan di 77 titik lainnya se Jawa Barat.

“(Kegiatan) Itu adalah festifal kuliner, gelar kebudayaan, dan juga berbagai lomba,” ucap Siska.

Siska menjelaskan, ada tiga lomba yang akan diadakan pada Hari Jadi Jabar ke 77. Pertama Expresikan
77-Mu, Jabar Fashion Walk dengan kearifan lokal masing-masing, di tempat masing-masing dan Dance Tik Tok Challenge dengan soundtrack lagu HUT Jabar, dengan gerakan yang sudah kita koreokan.

Baca Juga  Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin Lantik Dedi Supandi dan Imran Sebagai Pj Bupati Majalengka dan Pj Bupati Subang

“Dan ini hadiahnya luar biasa besar. Jadi setiap kategori lomba tadi berhadiah Rp77 juta, sehingga total hadiah Rp238 juta,” ujar Siska.

Sementara itu Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Peov. Jabar Drs. Wahyu Mijaya, melalui sambungan virtual menambahkan peringatan tahun ini juga dimeriahkan dengan festival kuliner di Gedung Sate Bandung.

“Festival kuliner yang bersifat budaya ini, kita siapkan ada 77 jenis kuliner dengan 77.777 porsi jumlahnya,” ucap Wahyu.

Wahyu menambahkan, selain itu ada juga festival kreativitas dan budaya seperti lomba masak kompor induksi, penghargaan pasar dan eksportir, dan penampilan dari 27 kab/kota yang turut berkontribusi untuk menyampaikan pesannya di masing-masing kabupaten/kotanya.

Selain lomba kuliner, Wahyu mengatakan ada 34 layanan samsat di P3D, itu salah satunya adalah kolaborasi layanan pajak kendaraan bermotor dengan mitra kepolisian juga dengan Jasa Raharja, yang akan memberikan kuliner gratis pada tanggal 19.

Baca Juga  Jasa Marga Imbau Pemudik Isi Penuh BBM dan Kecukupan Saldo Uang Elektronik Sebelum Memasuki Jalan Tol

“Dinas Pendidikan, ada 13 cabang dinas di Jabar dan cabang-cabang Bank BJB, di 27 kab/kota ada kuliner yang dapat dinikmati oleh madyarakat secara gratis,” ucapnya.

Wahyu berharap segala kemeriahan Hari Jadi Jawa Barat ke 77 ini bisa dirasakan oleh seluruh warga Jabar sampai ke pelosok desa.

“Mudah-mudahan kemeriahan ini tidak hanya sekedar budaya tetapi juga kemeriahan kulinernya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat Jawa Barat,” tutupnya. (Afr/Adi)