banner 970x250

Gubernur Jabar Ridwan Kamil Pimpin Apel Hari Pramuka ke 61 Tingkat Jabar

Kota Bandung, Brilianews.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Pramuka Jawa Barat, memimpin apel Hari Pramuka ke 61 tahun 2022 tingkat Kwarda Jawa Barat di halaman gedung Sate kota Bandung, Rabu (14/9/2022).

Apel yang digelar secara hybrid tersebut dikolaborasikan dengan unjukrasa kabisa, dengan diiringi atraksi kesenian dan kaulinan rakyat Jawa Barat.

Ridwan Kamil mengaku bangga dengan gerakan pramuka Jawa Barat (Jabar), yang dinilainya paling aktif dan adaptif terhadap perubahan.

Pada setiap kegiatan, menurutnya pramuka selalu hadir. Dimana ada ladang pahala, disitu ada gerakan pramuka. Sehingga gerakan pramuka menjadi relevan.

“Mau urusan ekonomi kreatif, pangan, bencana, urusan pemanasan global dll, pasti direspon. Dan Jabar terbukti paling adaptif, salah satunya punya super apps, aplikasi pramuka pertama dan terbesar se Indonesia,” tandasnya.

Baca Juga  Bandung Kota Ramah Lansia

Ridwan Kamil berharap anggota pramuka tahan banting dan menjadi generasi yang tangguh menghadapi masa depan. Ini adalah investasi.

“Tanpa gerakan pramuka, saya tidak bisa melihat apalagi yang bisa jadi benteng di level anak-anak seusia mereka, cinta pada negara dan sesama, etos kedisiplinan, berbakti. Menurut saya, pramuka luar biasa, ” tuturnya.

Peringatan hari pramuka tahun 2022, diisi dengan berbagai kegiatan sosial dan pengabdian kepada masyarakat, donor darah dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan.

Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil melaporkan, peringatan tahun ini juga diisi dengan gerakan menanam bersama insan pramuka serta pembentukan kampung ramah air hujan dan kampung pramuka.

Baca Juga  Ridwan Kamil: Prof Asep Warlan Seorang Tokoh Inspiratif

“Kampung ramah air hujan dibentuk untuk mengurangi resiko banjir dan longsor, sekaligus menyediakan air saat musim kemarau, ” ujarnya. (Afr)