banner 970x250

Kenali Cara Mencegah Penularan dan Penyebaran Virus PMK (1)

Bandung, BriliaNews.com – Dengan merebaknya virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di berbagai provinsi di Indonesia, masyarakat terutama para peternak perlu mengetahui cara mencegah penyakit infeksi tersebut.

Dilansir dari situs Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat (DKPP Jabar) http://dkpp.jabarprov.go.id/, cara pencegahan penularan dan penyebaran virus PMK dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Cara pertama melalui biosekuriti Barang yaitu dengan disposal, pemusnahan barang-barang yang terkontaminasi.

Kemudian Dekontaminasi yaitu semua barang yang masuk kandang, perlu disanitasi dengan melakukan desinfeksi, fumigasi, atau disinari lampu ultra violet.

Selain itu dapat pula dengan biosekuriti kandang. Cara ini dilakukan dengan melakukan desinfeksi kandang beserta peralatannya, secara berkala setelah selesai digunakan

Melakukan desinfeksi lingkungan sekitar kandang secara berkala dan dekontaminasi, yakni dengan cara mencuci kandang, peralatan, kendaraan, dan bahan-bahan lain yang memungkinkan bisa menularkan PMK dengan deterjen atau disinfektan.

Baca Juga  92 Rumah Sakit Dapat Kiriman Kue Dari Ridwan Kamil

Karyawan juga wajib masuk ke ruang semprot disinfektan dan karyawan yang masuk kadang harus ganti baju lengkap dengan seragam (APD), sepatu boot, dan masker.

Tamu yang masuk ke kandang juga harus ganti baju dengan seragam lengkap (APD), sepatu boot, dan masker.
Tamu masuk ke kandang melalui biosecurity spraying dan harus melakukan celup kaki dan cuci tangan di tempat disinfektan kandang
Biosekuriti kendaraan

Security perlu menyemprot Ban dan bagian bawah kendaraan dengan menggunakan larutan disinfektan atau melalui bak dipping kendaraan.

Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, untuk langkah preventif dan pengendalian wabah PMK pada hewan ternak, vaksinasi pun akan hadir dalam waktu dekat.

Tidak hanya fokus kepada hewan ternak, para Tim Satgas PMK DKPP Jabar juga fokus dalam menjaga prokes di lingkungan peternakan dengan melakukan pengetatan biosecurity.

Baca Juga  Jabar Quick Response Beri Kursi Roda Bagi Disabilitas Korban Gempa Cianjur

Penerapan biosecurity ini bisa mencegah lebih banyak hewan yang tertular. Adapun protokol biosecurity ini meliputi desinfeksi kandang secara berkala dan penutupan akses tamu ke peternakan hingga situasi mulai kondusif kembali.

“Hall yang terpenting adalah peran pemerintah hadir memberikan pendampingan di masyarakat, untuk bersama menghadapi wabah virus PMK ini,” tegas Gubernur. (Afr)