banner 970x250

Menkes Budi Gunadi : PMK Hewan Ternak Tidak Menular Kepada Manusia

Jakarta, Brilianews.com – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak, sangat jarang menular ke manusia.

“Kami sudah diskusi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) dan Badan Kesehatan Hewan Dunia (World Organization for Animal Health/OIE), bahwa PMK dominan di hewan, hampir tidak ada yang loncat ke manusia,” kata Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers secara virtual baru – baru ini.

Menkes Budi Gunadi mengatakan PMK yang menyerang ribuan ekor ternak sapi, berbeda dengan SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 yang ditularkan hewan kalelawar ke manusia.

Baca Juga  Sekda Setiawan Lepas Atlet SOIna Jawa Barat Menuju Special Olympics World Games di Berlin

“Kalau penyakit mulut dan kuku memang adanya hanya di hewan yang berkuku dua. Sangat jarang yang loncat ke manusia. Jadi tidak usah khawatir dari sisi kesehatan manusianya,” ujar Budi.

Budi Gunadi mengatakan PMK memang sangat menular di hewan. “Tapi sekali lagi, di manusia masih sangat jarang,” ujarnya.

Penyakit yang hampir mirip terjadi pada manusia adalah kaki, mulut dan tangan. “Ini berbeda dengan mulut dan kuku pada anak,” pungkasnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut, 40 persen hewan ternak di Jabar yang terpapar PMK sudah dinyatakan sembuh.

Baca Juga  Pemprov Jabar Kembali Usulkan Inggit Garnasih Jadi Pahlawan Nasional

“40 persen dari yang terpapar sudah sembuh, dengan tingkat kesembuhan yang membaik ini diharapkan secepatnya PMK ini bisa kita kendalikan,” katanya. (Afr)