banner 970x250

Hadapi Industri 4.0, UPI Luncurkan Smart Management System (SMS)

Bandung, Brilianews.com – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) meluncurkan Smart Management System (SMS), guna menghadapi perubahan jaman terutama di bidang teknologi dan informasi.

SMS diluncurkan bertepatan dengan Dies Natalis ke 68 UPI, di Gedung Achmad Sanusi kampus Bumi Siliwangi jalan Setiabudhi kota Bandung, Kamis (20/10/2022).

Rektor UPI Prof. H. M. Solehuddin, M.Pd., mengatakan
krisis pandemi merupakan momentum untuk melakukan perubahan besar, dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan di UPI.

“Dulu kita merasa terpaksa dengan BDR (belajar dari rumah), namun di balik itu adalah blessing in disguise. Mahasiswa mulai terbiasa untuk belajar online, dengan penekanan pada kemandirian belajar dari sumber yang makin bervariasi,” ujarnya.

Rektor menjelaskan, digital learning culture mulai tumbuh di kalangan mahasiswa. Mereka tidak hanya terbatas untuk belajar di kampus, tetapi dapat belajar di mana saja baik sendiri maupun bersama-sama.

“Bahan tercetak bukan lagi satu-satunya sumber belajar bagi mahasiwa, kini muncul berbagai jenis sumber belajar yang makin bervariasi dan menarik seperti: kindle (digital book), digital presentation, living-video, video-grafis, serta sumber-sumber internet lain baik yang bersifat close sources maupun open sources,” ujarnya.

Perubahan digital culture ini kata Rektor bukan hanya terjadi dalam pembelajaran dan riset untuk melahirkan inovasi, tetapi juga dalam sistem pengelolaan akademik, administrasi penunjang akademik, dan sistem pengelolaan kelembagaan UPI.

“Pusat-pusat Sistem Teknologi Informasi kini mulai berkembang, dengan dukungan sejumlah tenaga ahli dan profesional bidang teknologi digital, serta tenaga profesional system designer dan coding specialist,” ujarnya.

Menurut Solehuddin, mereka berhasil merancang dan mengembangkan sejumlah aplikasi digital learning, yang memacu mahasiwa untuk belajar secara online secara mandiri, berkolaborasi, mengerjakan tugas, membaca dan menulis artikel, mengerjakan asesmen. “Mereka juga melakukan kajian dan presentasi yang kaya dan menarik,” ucap Rektor.

Baca Juga  Gubernur Ridwan Kamil Respons Perbaikan Jalur Lingkar Selatan Sukabumi

Sementara itu Direktur Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi (STI) UPI, Dr. Cepi Riyana menjelaskan
memasuki Era Revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi Informasi dan komunikasi, telah mendorong percepatan transformasi digital disegala bidang kehidupan.

“Perkembangan teknologi berdampak pada disrupsi yang mengubah tatakelola dan proses kerja yang semula konvensional menjadi serba digital dan Automatic System, dengan dukungan teknologi internet melaui IoT, cloud computing, big data, artificial intelegent dan emerging technologi
lainnya,” ujar Cepi.

Menyadari perubahan yang sangat masif tersebut, menurutnya sejak tahun 2020 UPI berkomitmen untuk mewujudkan SMART MANAGEMENT SYSTEM (SMS), yang diarahkan pada efektifitas dan integrasi layanan dan pengelolaan.

“Smart Management System UPI merupakan Sistem tatakelola kelembagaan akademik dan non-akademik, dengan dukungan aplikasi dan infrastruktur teknologi informasi yang terintegrasi,” jelas Cepi.

Ada 22 aplikasi terkait SMS, mulai dari aplikasi Enterprise Architecture, yaitu aplikasi arsitektur kelembagaan, organisasi, dan IT UPI, hingga aplikasi SIET, yaitu Sistem Informasi Eksekutif Terintegrasi berbasis web dan mobile, yang berfungsi untuk akses terhadap Informasi UPI dalam format data kuantitatif.

Cepi menuturkan, inisiasi UPI dalam membangun smart campus telah dimulai sejak tahun 2005. Hal ini ditandai dengan penyediaan jaringan internet fiber optic di kampus utama dan kampus daerah, menyediakan bandwidh yang memadai dan system informasi akademik atau SIAK beserta aplikasi kelengkapannya, walaupun belum sepenuhnya terintegrasi.

“Sejak tahun 2020, Smart Management UPI juga dilengkapi dengan fasilitas belajar modern atau Smart Classroom dan studio produksi di 8 fakultas dan 5 kampus UPI di daerah,” tuturmya.

Baca Juga  Tekan Angka Kecelakaan, PT KAI Daop 2 Bandung Tutup 19 Perlintasan Sebidang Liar

Adapun aplikasi SMS yang dikembangkan dari tahun 2019-2022, antara lain :

  • APLIKASI ENTERPRISE ARCHITECTURE
    Adalah aplikasi arsitektur kelembagaan, organisasi dan IT UPI yang menyelaraskan antara visi, renstra dan SOTK serta dukungan teknologi, sebagai indikator SMS terintegrasi.
  • SIAK NEW GEN,
    Sistem Informasi Akademik Generasi Baru peralihan dari teknologi desktop menjadi web-based yang lebih adaptif dan antisipatif, untuk kebutuhan Cloud Based Technology dimasa depan.
  • APLIKASI MBKM, aplikasi supporting system dalam implementasi kebijakan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar untuk memudahkan dalam tatakelola aktivitas dalam MBKM.
  • APLIKASI PERMATA LPTK, aplikasi pengelolaan pertukaran Mahasiswa antar Perguruan Tinggi Lembaga Pendidikan tenaga Kependidikan (LPTK) di Indonesia
  • APLIKASI BKT
    merupakan system untuk membantu menentukan satuan Biaya Kuliah Tunggal berdasar komponen keuangan, rate SDM, gedung sarana kuliah, sarana praktikum, BHP kuliah dan BHP praktek.
  • SIKMAWA, aplikasi sistem informasi kemahasiswaan yang mengelola informasi terkait beasiswa, prestasi mahasiswa, ormawa dan penangguhan
  • APLIKASI CDC,
    aplikasi Career Development Centre mengelola data alumni, penyediaan kesempatan kerja, direktori perusahaan, pelatihan, dan bimbingan konseling.
  • MOOCS,
    aplikasi Massive Open Online Courses dengan nama Wahana Belajar (wajar.id). Menyediakan ragam pilihan kursus online yang terkait dengan mata kuliah atau peningkatan keterampilan (upskill) masyarakat. (Adi)