banner 970x250

Keberhasilan Pemkab Sumedang Tangani PMK Bisa Dicontoh Daerah Lain

Sumedang, Brilianews.com – Anggota DPRD provinsi Jawa Barat (Jabar) Heri Ukasah Sulaeman mengapresiasi Pemkab Sumedang, yang berhasil menangani kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di daerahnya.

Anggota DPRD dari Fraksi Partai Gerindra Persatuan DPRD provinsi Jawa Barat (Jabar) Dapil Kabupaten Sumedang, Majalengka dan Subang ini menilai,
penyelesaian kasus PMK di Kabupaten Sumedang menunjukkan kemajuan.

Pasalnya perdagangan hewan ternak terutama sapi sudah normal kembali.

“Daerah lain bisa mencontoh penanganan PMK di Kabupaten Sumedang, terutama bagi daerah yang saat ini menjadi pusat pengolahan pangan yang menggunakan bahan baku dari produk hasil peternakan,” katanya, Senin (31/10/2022).

Baca Juga  Pemprov Jabar Matangkan Perjanjian Kerja Sama TPPAS Legok Nangka dengan Enam Kota Kabupaten

Berdasarkan hasil pantauan di lapangan kata dia, penjualan hewan ternak dilaksanakan di satu titik yaitu di Pasar Tanjungsari. Dengan penetapan satu lokasi ini, akan memudahkan pengawasan kondisi kesehatan hewan ternak.

“Dengan pengawasan yang ketat, hewan ternak yang diperdagangkan dalam kondisi sehat dan tentunya tak terjangkit PMK, keluar-masuk hewan di pasar itu akan diawasi ketat,” tuturnya.

Baca Juga  Pemerintah Cabut Status Pandemi Covid-19, Indonesia Masuki Masa Endemi

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menandaskan, tingkat kesembuhan pada ternak yang terpapar cukup tinggi dan penyebaran virus PMK sudah bisa dikendalikan. (Afr)