banner 970x250

Pastikan Keamanan Pasca Gempa Cianjur, Perjalanan Enam KA Sempat Dihentikan Sementara

Kondisi Stasiun Cianjur yang mengalami kerusakan, akibat gempa di kabupaten Cianjur dengan magnitudo 5,6 Skala Richter pada Senin (21/11/2022) pukul 13.21

Bandung, BriliaNews.com – Enam perjalanan kereta api dihentikan sementara antara 5 sampai 25 menit, pasca gempa yang mengguncang Cianjur pada Senin 21 November 2022 pukul 13.21.

Perjalanan KA yang dihentikan sementara di daerah operasi 2 Bandung, yakni KA Lodaya dihentikan di sta. Indihiang (10 menit), KA Pasundan dihentikan di Ciamis (8 menit) dan KA Kutojaya Selatan dihentikan di Banjar (5 menit).

Kemudian KA Serayu dihentikan di Kiaracondong (12 menit), KA Ciremai dihentikan di Purwakarta (25 menit) dan KA Siliwangi dihentikan di Ciranjang (23 menit).

“Sejumlah KA yang tengah beroperasi terpaksa kami hentikan terlebih dahulu, untuk memastikan perjalanannya aman,”
kata Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung Kuswardojo, Senin (21/11/2022).

Baca Juga  Gubernur Jabar Ridwan Kamil Usulkan Produk Unggulan Pesantren didaftarkan ke E-Katalog

Kuswardojo menyebut pasca terjadi gempa jajaran KAI Daop 2 Bandung melakukan pemeriksaan, terhadap sarana dan prasarana yang berada dilokasi yang terdampak atau merasakan adanya gempa tersebut.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan sejumlah petugas di lapangan baik itu di stasiun maupun di atas KA, terkait kondisi gempa yang dirasakan terutama yang akan dilalui oleh perjalanan KA. Hal itu dilakukan untuk memastikan keselamatan perjalanan KA.

“Setelah dipastikan prasarana dan sarana dalam kondisi aman, maka perjalanan KA dilanjutkan kembali,” ucapnya.

Dari hasil pemeriksaan kata Kuswardojo, untuk prasarana jalan KA semua dalam kondisi aman. Namun ditemukan ada sedikit kerusakan dan retakan pada bangunan stasiun Cianjur pasca gempa tersebut.

Baca Juga  Stasiun Cicalengka Kembali Layani Pemberangkatan Commuter Line Bandung Raya

Tidak ada perjalanan KA yang dibatalkan, semua beroperasi sesuai dengan jadwal yang ada.

“Saat ini seluruh perjalanan KA di Daop 2 Bandung sudah kembali beroperasi seperti biasa, pasca terjadinya gempa 5,6 SR di wilayah Cianjur,” ujarnya. (Afr)