banner 970x250

Dadang Kurniawan Dukung Pemdaprov Jabar Optimalkan Sektor Kelautan dan Perikanan

Bandung, BriliaNews.com – Anggota DPRD provinsi Jawa Barat Dadang Kurniawan S.Ip, M.Hum mendukung pemerintah provinsi Jawa Barat, untuk mengoptimalkan sektor kelautan dan perikanan.

Sebab, kedua sektor tersebut potensial meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurut anggota Komisi II DPRD Jabar ini, sektor Kelautan dan Perikanan di Jawa Barat mampu bertahan bahkan bangkit, di tengah ketidakpastian global yang membuat pertumbuhan ekonomi dunia menurun.

Untuk itu, perlu dilakukan pembenahan berbagai kesenjangan dalam pengembangan sektor perikanan dan kelautan.

Dadang Kurniawan yang akrab disapa Dadung ini menyebut, luasnya kawasan pesisir Jabar mulai dari Kabupaten Sukabumi bagian Selatan hingga Kabupaten Tasikmalaya, dapat menjadi andalan dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Selain itu, optimalisasi juga dapat membantu menyukseskan ketahanan pangan daerah.

Baca Juga  Presiden Akan Berikan BLT Minyak Goreng Untuk 20,5 Juta Keluarga

“Kita ini memiliki wilayah pesisir atau laut yang cukup luas. Mulai dari Sukabumi Selatan, Cianjur Selatan, Garut Selatan, Sampai Tasikmalaya, Pangandaran,” ungkap Dadang.

Itu semua kata dia, berpotensi untuk menyejahterakan masyarakat, jika pemerintah bisa memaksimalkannya.
Dan tentunya dengan dukungan stakeholder terkait dan Pemprov. Jabar.

Dadang Kurniawan menuturkan banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan sektor kelautan dan perikanan, mulai dari memberikan pelatihan, bantuan modal, peralatan penunjang, hingga inovasi produk dan pengemasan pada hasil produksi laut.

“Sehingga hasil dari budidaya ikan, udang, kerang, rumput laut dan lainnya, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, tapi juga sebagai komoditas ekspor, ” jelasnya.

Ia berharap, dengan penguatan anggaran pemerintah melalui stakeholder terkait, seperti UPTD (Unit Pelayanan Teknis Daerah), dapat menunjang kebutuhan nelayan maupun peternak ikan.

Baca Juga  Pemkot Bandung Luncurkan GPM On The Road Untuk Jangkau Daerah Rawan Pangan

“Bisa dengan pelatihan, yang memberikan wawasan, mulai dari penyimpanan produknya, lalu dijadikan seperti apa produknya hingga dibantu pengemasannya, sehingga hasilnya pun bisa lebih maksimal. Belum lagi sumbernya melimpah, bisa dari ikan itu sendiri, kerang mungkin dan juga rumput laut, semua bisa saja kita ekspor keluar. Bahkan bisa jadi komoditas utama, asal punya kualitas untuk bersaing,” ucap Dadang Kurniawan.
(Ida – Adhikarya Parlemen)