banner 970x250

Daddy Rohanady Sambut Positif Dimulainya Layanan Penerbangan Jemaah Haji dari BIJB Kertajati

Kota Bandung, BriliaNews.com – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka, dipastikan siap menyelenggarakan penerbangan jemaah haji 2023.

Sebanyak 8.000 jemaah haji akan terbang ke Tanah Suci Mekah, melalui Bandara Kertajati. Para jemaah haji itu berasal dari wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Subang dan Sumedang.

Nantinya, Jemaah haji tersebut, akan dibagi menjadi 24 kelompok terbang (kloter), satu kloter per hari. Kloter pertama dijadwalkan terbang pada 28 Mei 2023, sekitar pukul 21.00 wib.

Anggota Komisi IV DPRD provinsi Jawa Barat Daddy Rohanady, menyambut positif dimulainya layanan penerbangan jemaah haji dari BIJB Kertajati Majalengka.

“Saya berharap layanan rute penerbangan untuk ibadah haji dan umrah ini, tetap menjadi prioritas. Sebab, hal itu akan berdampak besar bagi perekonomian Jawa Barat,” kata politisi Partai Gerindra Dapil Jabar XII (Kabupaten Cirebon, kota Cirebon, kabupaten Indramayu) tersebut, Selasa (9/5/2023).

Baca Juga  Panen Raya di Subang, Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi

Daddy juga menyambut baik dibukanya layanan rute penerbangan BIJB Kertajati-Kuala Lumpur Malaysia mulai Mei 2023.

Namun demikian, ia berharap layanan rute penerbangan domestik juga tidak diabaikan.

Bahkan kata Daddy ada layanan rute penerbangan yang tidak kalah penting, yakni layanan rute penerbangan ke negara-negara tujuan TKI (tenaga kerja Indonesia) asal Jawa Barat seperti negara Timur Tengah.

“Saya menyambut baik adanya rute penerbangan ke Malaysia itu. Namun, saya juga berharap layanan rute penerbangan domestik pun tidak diabaikan,” ucap Daddy Rohanady yang yang juga Wakil Ketua Fraksi Gerindra Persatuan DPRD Jabar.

Menurut Daddy Rohanady, dengan hadirnya layanan penerbangan itu, menjadi pendorong bangkitnya BIJB Kertajati di kancah internasional.

“Saya berharap, layanan penerbangan ini bukan satu-satunya rute di BIJB Kertajati,” katanya.

Baca Juga  Progres Pengembangan Kawasan Rebana Sudah 40 Persen

Bandara Kertajati saat ini menjadi salah satu dari 13 bandara di Indonesia yang terpilih menjadi embarkasi haji.

Masuknya Bandara Kertajati menjadi embarkasi haji berdasarkan Keputusan Menag nomor 167 tahun 2023, tentang Embarkasi dan Debarkasi haji.

Bandara Kertajati juga layak menjadi penyelenggara penerbangan jemaah haji 2023, berdasarkan penilaian otoritas penerbangan Arab Saudi atau General Authority of Civil Aviation (GACA).

(Ida / Adikarya Parlemen)