banner 970x250

Petugas Keamanan Kereta Commuter Bantu Proses Persalinan Pengguna KA Walahar

Kota Bandung, BriliaNews.com – Petugas keamanan membantu persalinan seorang ibu diatas KA lokal Walahar, dalam perjalanan menuju Stasiun Cikarang sekitar pukul 09.20, Kamis (18/5/2023)

Sebelumnya ibu yang tengah hamil tua itu, naik dari stasiun Cibungur Purwakarta, duduk di ekonomi 6 bangku prioritas, namun dalam perjalanan mengalami kontraksi.

Bertepatan pada saat itu, petugas keamanan mobile sedang memeriksa antar kereta.

Dengan sigap dua petugas KAI Commuter, membantu perempuan yang tengah menahan sakit karena kontraksi. Lalu mengumumkan kepada seluruh pengguna KA, yang berprofesi sebagai Dokter atau Bidan untuk membantu persalinan.

Karena tidak ada penumpang yang berprofesi dokter dan bidan, ahirnya petugas keamanan dibantu penumpang perempuan lainnya membantu proses persalinan ibu tersebut.

Baca Juga  386 Pohon Hijaukan Depo dan Stasiun di Kawasan KAI Daop 2 Bandung

“Dengan peralatan seadanya, petugas keamanan dibantu seorang penumpang perempuan, berhasil membantu ibu hamil tersebut melahirkan bayi perempuan,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Jum’at (19/5/2023).

Petugas keamanan kereta kata Anne Purba kemudian berkordinasi dengan petugas di Stasiun Cikampek, untuk mempersiapkan tandu guna memberikan pertolongan selanjutnya kepada Ibu dan bayinya.

Sesampainya di Stasiun Cikampek keduanya diberikan perawatan medis di Pos Kesehatan Stasiun Cikampek.

“Setelah kondisi pengguna dinyatakan stabil, selanjutnya dirujuk ke RS Izza Cikampek,” ujarnya.

Anne Purba mengimbau para pengguna kereta, untuk menjaga kondisi dan kesehatan ketika akan melakukan perjalanan.

Baca Juga  Ridwan Kamil Hadiri Peringatan 17 Tahun Tsunami Aceh

“Keselamatan merupakan hal yang penting dan jangan segan meminta bantuan kepada petugas baik di dalam kereta ataupun stasiun, bila merasa kurang sehat atau ada hal-hal yang kurang baik, ” pungkasnya.

Pewarta : Adi
Editor : Afrida