banner 970x250

Hari Bumi, Pemkot Bandung Tanam 3.000 Pohon Kopi

Hari Bumi, Pemkot Bandung Tanam 3.000 Pohon Kopi
Hari Bumi, Pemkot Bandung Tanam 3.000 Pohon Kopi

Bandung, Brilianews.com – Dalam memperingati hari bumi dunia atau Earth Day, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menanam 3.000 pohon kopi di ruang terbuka hijau (RTH) Kelurahan Pasirwangi Kecamatan Ujungberung, Selasa (27 April 2021).

Kopi tersebut merupakan bantuan dari Dinas Perkebunan Jawa Barat sebanyak 10.000 pohon kopi.

Penanaman pohon masih dalam rangkaian Gerakan Bandung Menanam Jilid 3. Penanaman Tahap 1 dilaksanakan di Kelurahan Pasirwangi, Kecamatan Ujungberung sebanyak 3.000 pohon. Sisanya sekitar 7.000 pohon ditanam di Kecamatan Panyileukan, Cibiru, Rancasari, Mandalajati, dan Kecamatan Cibeunying Kaler.

“Kegiatan ini dalam upaya memelihara lingkungan dan mencegah terjadinya banjir,” ujar Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Baca Juga  Pemudik Lebaran Tahun 2022 Diprediksi Meningkat, Polrestabes Bandung Siapkan 33 Pos Pengamanan

“Selain upaya untuk penghijauan, hal ini juga diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan baru untuk warga sekitar,” imbuhnya.

Menurut wakil wali kota, selain mencegah banjir, penghijauan juga untuk memberikan kenyamanan bagi lingkungan.

“Bukan hanya memberikan manfaat lingkungan saja, tetapi pengurangan risiko banjir dan juga punya nilai ekonomi di masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar mengungkapkan, secara komersial ada dua jenis kopi yang dihasilkan Indonesia, yaitu Kopi Arabika dan Kopi Robusta.

Baca Juga  Tingkatkan Produktivitas Pertanian di Jabar Melalui Optimalisasi Lahan dan Pompanisasi

“Mengingat Kota Bandung lahan jarang daerah dengan ketinggian di atas 1.000 meter, maka perkembangan kopi Arabika terbatas. Sehingga komoditas kopi robusta yang cocok di tanam di Kota Bandung,” jelasnya. (Afria)