banner 970x250

SATRIA-1 Akan Diluncurkan dari Cape Canaveral Space Force Station, Orlando, Florida Amerika Serikat 18 Juni 2023

Jakarta, BriliaNews.com – Satelit Republik Indonesia (SATRIA)-1 akan diluncurkan dari Cape Canaveral Space Force Station, Orlando, Florida Amerika Serikat, pada hari Minggu (18/06/2023) pukul 18:00 waktu setempat atau Senin (19/06/2023) pukul 05:00 WIB.

Peluncuran SATRIA-1 dapat disaksikan secara langsung melalui kanal YouTube Kementerian Komunikasi dan Informatika @kemenkominfoTV.

Peluncuran SATRIA-1 merupakan salah satu upaya Pemerintah, untuk melakukan percepatan transformasi digital di Indonesia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika akan mengoptimalkan satelit tersebut, untuk mendukung pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan dan keamanan.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong menyatakan, pemerataan akses internet menjadi perhatian pemerintah.

Agar seluruh rakyat Indonesia mendapatkan akses internet secara merata, Kementerian Kominfo juga menjalin sinergi dengan berbagai pihak.

Baca Juga  Game Gratis Epic Games Minggu Ini : A Plague Tale: Innocence dan Minit

“Dengan peluncuran satelit bisa mengurangi kesenjangan digital dari sisi infrastruktur, karena tujuan peluncuran SATRIA-1 untuk pemerataan infrastruktur digital. No one left behind, jangan sampai ada orang Indonesia yang tidak punya akses ke internet,” tegasnya di Orlando, Florida, Amerika Serikat, Jumat (16/06/2023) waktu setempat seperti dikutip dari rilis Kominfo.

Untuk mewujudkan pemerataan akses dan pemanfataan dengan optimal, kata Usman Kansong , Kementerian Kominfo akan bersinergi dengan Kementerian Kesehatam, Kementerian Pendidikan, Kementerian Dalam Negeri, TNI dan Polri serta pemerintah daerah.

“SATRIA-1 akan memiliki manfaat besar, dimanfaatkan untuk kepentingan publik atau layanan publik. Kita akan sinergi dengan kementerian dan lembaga lain. Di Puskesmas dengan Kementerian Kesehatan, sekolah dengan Kemdikbud, termasuk dengan Mabes TNI dan Polri serta pemerintah daerah,” tuturnya.

Baca Juga  Upah Minimum Kabupaten/Kota di Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2022

Oleh karena itu, Dirjen IKP Kementerian Kominfo mengharapkan dukungan seluruh masyarakat Indonesia atas peluncuran SATRIA-1.

“Tiga hari lagi menuju peluncuran SATRIA-1, kita mengharapkan dukungan dan doa seluruh masyarakat Indonesia, yang nanti bisa menyaksikan peluncuran lewat Youtube Kominfo. Termasuk teman-teman media, untuk bisa memberitakan kepada masyarakat. Semoga tidak terjadi hambatan yang berarti sehingga peluncuran SATRIA-1 bisa berlangsung sukses,” ungkapnya.

Editor : Afrida