banner 970x250

Bio Farma Group Sukseskan Bazar UMKM Untuk Indonesia 2023

Jakarta, BriliaNews.com – Sebagai salah satu perwujudan komitmen dan dukungan untuk pemberdayaan UMKM daerah, Kementerian BUMN melalui Bio Farma, Kimia Farma dan Indofarma melanjutkan rangkaian gelaran “Bazar UMKM Untuk Indonesia” pada tanggal 9-12 November 2023 di Gedung Sarinah Jakarta.

Ketiga BUMN Kesehatan tersebut memfasilitasi UMKM dari berbagai daerah sesuai dengan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), untuk pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi, khususnya terkait dengan Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK).

Guna menyukseskan kegiatan tersebut, Bio Farma, Kimia Farma, dan Indofarma menghadirkan 122 UMKM terdaftar di Pasar Digital UMKM (PaDi UMKM), yaitu sebuah platform digital yang mempertemukan UMKM dengan BUMN.

”PaDi UMKM ini merupakan inovasi Pak Erick Thohir untuk memfasilitasi UMKM, agar dapat memasarkan produknya dalam jangkauan yang lebih luas,” ucap Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga melalui siaran persnya, Jumat (10/11/2023).

Arya menambahkan, digitalisasi UMKM ini akan didukung dengan kualitas produk UMKM, agar para konsumen dapat melakukan pembelian berulang terhadap produk-produk lokal.

Baca Juga  Ridwan Kamil Jadi Brand Ambasador UMKM Jabar

Dilain pihak, Loto Srinaita Ginting, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN menyatakan, kegiatan ini merupakan bentuk dukungan nyata BUMN dalam mendukung UMKM naik kelas.

“Untuk UMKM naik kelas memang dibutuhkan media seperti pameran, bazaar, maupun business matching. Sehingga Bazar UMKM ini merupakan salah satu dukungan nyata kita,” ujar Loto Srinaita Ginting.

Loto menambahkan, upaya-upaya tersebut, khususnya Bazar UMKM yang dilaksanakan secara rutin ini, dapat menjadi pembuka jalan bagi UMKM untuk memperluas pasar eksisting, agar UMKM mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan karya-karyanya.

“Dari sini, harapannya masyarakat semakin tahu produk-produk UMKM dan pada akhirnya terdorong untuk lebih menggunakan produk-produk UMKM,” lanjutnya.

Sementara itu Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko Bio Farma, I.G.N. Suharta Wijaya menyampaikan, Bio Farma Group sangat senang dapat berpartisipasi dalam kegiatan bazar UMKM ini.

“Kami dari Bio Farma Group Holding BUMN Farmasi sangat senang dapat mengadakan kegiatan bazar UMKM ini, untuk membantu para UMKM khususnya yang dibina oleh Bio Farma Group agar para UMKM ini naik kelas sehingga dapat meningkatkan pendapatan hingga kualitas produk yang lebih baik” ujar Suharta.

Baca Juga  Upacara HUT Ke-79 TNI di Kodam III/Slw

Selain itu, tambah Suharta Wijaya, bazaar tersebut memberikan kesempatan kepada para pelaku UMKM untuk menjual ragam produk yang inovatif dan khas, memperluas pasar UMKM untuk menembus konsumen yang lebih luas dengan membawa produk-produk unggulan yang mengusung kearifan lokal wilayahnya masing-masing dengan kualitas yang mampu bersaing.

“Kekayaan dan keberagaman budaya Indonesia tertuang dalam produk kreatif yang dihasilkan para UMKM,” ucap Suharta.

Bazar UMKM Untuk Indonesia diselenggarakan Kementerian BUMN setiap bulan, sejak Januari 2023 yang diikuti UMKM binaan berbagai BUMN secara bergiliran sepanjang tahun 2023, dengan melibatkan 1.083 UMKM yang berpartisipasi dalam Bazar baik secara offline dan online.

Pewarta : Adi
Editor       : Afrida