banner 970x250

FPSD UPI dan Pemkab Bekasi Tandatangi MoU Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi

Bekasi, BriliaNews.com – Fakultas Pendidikan Seni dan Desain (FPSD) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Pemerintah Kabupaten Bekasi, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU)
tentang Implementasi Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi di Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat serta menerapkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Penandatanganan MOU yang berlangsung di Bekasi, Kamis (30/11/2023), dalam upaya mencapai IKU 3 Perguruan Tinggi dan aktifitas dosen di luar kampus bisa terfasilitasi.

Dekan FPSD UPI Prof. Dr. Phil. Yudi Sukmayadi, M.Pd., mengatakan, implementasi dari MoU ini sudah dirancang sejak jauh hari. “Alhamdulillah hari ini sudah terealisasi. Kami akan mendiskusikan rencana aksi dengan pihak Pemerintah Kabupaten Bekasi, berbasis pada sumber daya yang kita miliki,” ujarnya.

Prof. Yudi Sukmayadi mengatakan, dalam kerja sama ini UPI akan men-support dosen untuk mendapatkan aktifitas di luar kampus sebagai expert yakni sebagai narasumber. Namun bukan saja di bidang pendidikan, tetapi juga mereka diberikan kesempatan untuk menjadi konsultan dalam berbagai pengembangan, seperti visual branding di dinas-dinas dan berbagai kegiatan lainnya.

Baca Juga  Empat Daerah di Jabar Bisa PTM tapi Hati- Hati

Dalam implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dikatakannya UPI memberikan kesempatan kepada mahasiswa FPSD untuk mendapatkan kesempatan pembelajaran di luar kampus.

“Kita akan menawarkan kompetensi para mahasiswa kepada dinas-dinas terkait yang sudah menandatangani kerja sama, untuk mendapatkan pengalaman di dalam magang atau internship. Kami akan support konversi kegiatannya di program studi,” ucap Yudi Sukmayadi.

Ia menambahkan, rencana aksi ini akan dilakukan sesegera mungkin. Fakultas sudah memiliki draft-nya, namun hal ini perlu dikomunikasikan kembali dengan bagian kerja sama.

Ada 6 Program Studi yang terlibat, semuanya sudah di plot untuk tergabung di berbagai dinas di Pemerintahan Kabupaten Bekasi.

“Sebagai contoh, untuk Program Studi Desain Komunikasi Visual dan Program Studi Film dan Televisi, kita menginginkan berkolaborasi dengan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik, serta Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah untuk menjadi expert di dalam pengembangan potensi Kabupaten Bekasi seperti mendesain kemasan produk atau melakukan promosi melalui website,” ujarnya.

Sementara itu untuk Program Studi Pendidikan seperti Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Program Studi Pendidikan Seni Tari, dan Program Studi Pendidikan Seni Musik, akan berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan untuk pengembangan kapasitas guru seni budaya melalui pelatihan ataupun workshop. Program Studi Musik, Program Studi Film dan Televisi, serta Program Studi Desain Komunikasi Visual tergabung dalam skema seni pertunjukan.

Baca Juga  Forum Pemred, Jangan Beri Ruang Politik Identitas

Penandatanganan MOU FPSD UPI dan Pemkab Bekasi, dihadiri Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan UPI Prof. Dr. H. Didi Sukyadi, M.A., Wakil Dekan Bidang Akademik FPSD Prof. Dr. Trianti Nugraheni, M.Si., Ketua Prodi Pendidikan Seni Musik Dr. Dody M. Kholid, S.Pd., M.Sn., Ketua Prodi Desain Komunikasi Visual Arief Johari, S.ST., M.Ds., dan Ketua Prodi Musik Dr. H. Nanang Supriatna, S.Sen., M.Pd.

(Adv)