banner 970x250

Komisi III DPRD Jabar : Rest Area tol Cisumdawu Perlu Ditambah

Kab. Sumedang, BriliaNews.com – Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat H. Phinera Wijaya berharap keberadaan Jalan Tol Cisumdawu, dapat mengurai kemacetan arus mudik yang kerap kali terjadi.

Hal tersebut dikatakan Phinera Wijaya saat Pimpinan dan Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat melakukan monitoring kesiapan pengelola Jalan Tol Cisumdawu menghadapi Arus Mudik dan Balik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah Tahun 2024. Kamis, (3/4/2024).

“Cisumdawu ini diharapkan bisa memperlancar arus mudik dan balik lebaran kali ini. Tadi dipetakan ada rawan kepadatan di titik Pertemuan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) dengan Cipularang di Cileunyi dan titik Pertemuan dengan Tol Cipali”, ujar Phinera.

Baca Juga  Lewat Kolaborasi, Sungai Cipamokolan Mulai Bersih dan Nyaman

Sarana yang masih terbatas di Jalan Tol Cisumdawu, lanjut Phinera harus menjadi perhatian. Sampai saat ini tol tersebut belum memiliki rest area yang representatif, sehingga harus menjadi catatan bagi pengelola jalan tol.

Padahal, rest area ini sangat penting sebagai tempat para pemudik untuk beristirahat, untuk menjaga fisik dari kelelahan.

Tak hanya itu, keberadaan rest area dapat dimanfaatkan untuk berbagai transaksi, seperti pengisian bahan bakar. Apalagi para pemudik yang akan melalui jalur tol Cisumdawu ini diprediksi cukup banyak.

“Saran kepada pengelola Cisumdawu untuk menyediakan rest area yang cukup, karena pada masa arus mudik sekarang ini para pemudik yang akan melewati Cisumdawu luar biasa banyaknya”, jelas Phinera.

Baca Juga  PON XXI Aceh-Sumut 2024, Jabar Kembali Raih Emas Cabor Menembak dan Dansa

Phinera pun berharap Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat, PT Jasa Sarana yang saat ini tergabung sebagai pemegang saham dan PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) selaku pengelola Tol Cisumdawu, turut mendorong kelengkapan sarana dan prasarana untuk keselamatan masyarakat pengguna tol Cisumdawu.

Editor : Adi